Potensi perikanan laut Sumsel belum tergarap optimal

id potensi perikanan laut, perikanan laut sumsel, laut sumsel, perikanan, ikan, ikan sumsel, belum tergarap optimal

Potensi perikanan laut Sumsel belum tergarap optimal

Ilustrasi-Seorang pedagang meletakan ikan ukuran besar sambil melayani pembeli. (ANTARA/Muhamad Nasir/mes/08)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan, Joncik Muhammad menilai potensi perikanan laut di provinsi itu hingga saat ini belum digarap secara optimal, padahal potensinya luar biasa.

Joncik Muhammad menyampaikan hal itu di Palembang, Selasa, ketika ditanya mengenai sektor perikanan di Sumsel.

Menurut dia, potensi perikanan laut di daerah ini amat luar biasa terutama pada empat kabupaten, namun para pemegang kebijakan belum mengarahkan penggarapan secara maksimal untuk memberdayakan kesejahteraan petani dan nelayan.

Mestinya Dinas Perikanan dan Kelautan Sumsel melihat potensi tersebut, apa yang bisa diperbuat, apalagi dengan gencarnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sekarang ini meningkatkan produksi perikanan rakyat, mestinya mengikuti itu.

Ia mengatakan, di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musibanyuasin potensi ikannya luar biasa, serta Kota Palembang sendiri yang berbatasan dengan laut.

Akan tetapi, untuk perikanan laut ini belum tergarap secara maksimal dan belum ada perusahaan besar membangun industri hilir seperti pengalengan ikan, dan sebagainya, ujarnya.

Ia mengatakan, mestinya potensi itu digarap oleh Dinas Perikanan dan Kelautan di daerah ini dengan baik.

Oleh karena itu pihaknya dalam waktu dekat ini atau sekitar akhir Mei 2015 akan memanggil dinas atau satuan kerja perangkat daerah untuk evaluasi kinerja triwulan pertama di tahun ini.

Idealnya pada triwulan pertama ini serapan anggaran sudah sekitar 25 persen, tetapi sekarang ini rata-rata belum dan malah proyek baru mau dilaukan lelang (tender), katanya.