Polisi amankan ribuan warga demo ke Pemprov

id polisi, amankan ribuan warga, demo warga plaju, warga plaju darat, demo, unjuk rasa warga

Polisi amankan ribuan warga demo ke Pemprov

Ilustrasi polisi sedang berjaga-jaga saat aksi buruh dalam peringatan " may day", Jumat(1/5) di Palembang. (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selly/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Ratusan aparat kepolisian dari Polresta Palembang yang dibantu jajaran Polda Sumatera Selatan mengamankan jalannya demo yang dilakukan ribuan warga Plaju Darat ke Pemerintah Provinsi setempat, Senin.

Aparat kepolisian juga dibantu Satuan Polisi Pamong Praja Pemprov Sumsel mengamankan jalannya unjuk rasa tersebut, serta Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting juga terlihat turun langsung ke lapangan untuk melihat situasi.

Para pendemo menyatakan warga Plaju Darat tetap menginginkan wilayah mereka masuk Kota Palembang karena selama ini diinformasikan Kabupaten Banyuasin.

Dalam spanduk yang bertuliskan antara lain bukti kuat masyarakat Plaju Darat sebagai warga Palembang sesuai dengan KTP yang dimiliki, sebab selama ini juga dalam pemilihan kepala daerah memilih Wali Kota Palembang.

Dalam demo tersebut warga menggunakan kendaraan mobil dan setiba di Pemerintah Provinsi Sumsel berbaris secara tertib.

Perwakilan demo antara lain Daryono kemudian melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di ruang rapat Bina Praja.

Dalam pertemuan yang dipimpin Asisten Pemerintahan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Ikhwanuddin itu menyatakan, bahwa Plaju Darat memang berdasarkan PP masuk Kota Palembang.

"Itu berdasarkan aturan bukan berpihak kepada siapapun," kata dia.

Sementara mengenai pengembangan Kota Palembang sendiri, Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo telah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk segera diproses secepatnya dan direalisasikan, ujar dia.

Daryono mengatakan, pihaknya selama ini melakukan administrasi di Kota Palembang. Plaju Darat berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin.