Air terjun Temam ada di Kota Lubuklinggau

id air terjun, air terjun temam lubuklinggau

Air terjun Temam ada di Kota Lubuklinggau

Air terjun Temam di Kota Lubuklinggau (Foto: antarasumsel.com/Evan)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Objek wista air terjun Temam berada di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, merupakan salah satu air terjun terindah menyerupai yang ada di Amerika Serikat.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke lokasi air terjun Temam bisa ditempuh melalui angkutan bus dari Kota Palembang sekitar 6,5 jam perjalanan, kata Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Sohe Putra, Minggu.

Menurut dia, untuk menuju objek wisata air terjun itu juga bisa ditempuh menggunakan pesawat udara dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang dan mendarat di pelabuhan Silampari Lubuklinggau.

Dijelaskannya, air terjun Temam ini merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Kelurahan Rahma atau jaraknya kurang lebih 11 kilometer dari pusat Kota Lubuklinggau menggukanan angkutan kota hanya butuh waktu tempuh 15 menit.

Sebagian masyarakat mengenal objek wisata itu sebagai air terjun yang menyerupai air terjun Niagara di Amerika Serikat, karena bentuknya memanjang bak tirai raksasa menjulang tetapi dalam ukuran kecil, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan datang berkunjung.

Bahkan sebagian pengunjung menyebutnya "Niagara Mini", dengan tinggi 12 meter dan lebar 25 meter yang mampu menampilkan keindahan tidak membuat mata bosan kala menikmati eksotiknya panorama alam air terjun Temam.

Di samping itu juga ditambah dengan suara gemuruh air menggelegar serta suasana bebatuan di balik maupun di dalam air yang terkadang

menjadi magnet para pengunjung untuk mendekatinya sekedar untuk berfoto bahkan ada sebagian bermain air menikmati hamparan jatuhnya air dari atas perbukitan tersebut.

Menurut Wali Kota Prana Hohe, mulai tertatanya lokasi wisata alam air terjun Temam ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat baik dalam maupun luar kota di sumsel untuk berkunjung dan melihat langsung keindahan alam di sana.

Hal itu dikarenakan beberapa fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah Kota Lubuklinggau seperti areal parkir cukup luas, tempat jajanan serta fasilitas umum lainnya membuat para pengunjung nyaman ketika datang ke lokasi wisata tersebut.

"Pemerintah Kota Lubuklinggau terus berbenah melengkapi beberapa fasilitas umum di sana, dengan dibangunnya sarana dan prasarana guna menunjang kenyamanan para pengunjung datang yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sekaligus menjadi salah satu tujuan wisata di Sumatera Selatan.

Menurut Pivin, salah satu pengunjung warga Bengkulu bahwa objek wisata air terjun Temam sekarang pengunjung sudah mulai ramai, karena semua fasilitas dibutuhkan disediakan di sana. Suasana dan kondisi demikian, menjadikan pengunjung ingin berlama lama menikmati keindahan alam yang disajikan dari air terjun Temam tersebut, katanya.

Menurut dia, untuk menikmati keindahan air terjun dari bawah, pengunjung saat ini tidak perlu berjalan jauh menyusuri sungai, karena telah disediakan anak tangga langsung membawa pengunjung menuju tepian bibir air terjun dari bagian hilir sungai.

Sedangkan untuk bagian atasnya, pengunjung dapat melewati jembatan gantung menyeberangi sungai terbentang di atas air terjun Temam yang menjadi penghubung, sehingga dapat melihat langsung dari atas keindahan air terjun dikelilingi oleh bebatuan serta pepohonan sangat asri.

Di samping itu, pemerintah Kota Lubuklinggau juga sengaja memasang lampu berwarna warni agar keindahan air terjun Temam tersebut dapat dinikmati pada malam hari, katanya.