KPU OKU lantik 60 PPK

id kpu, kpu oku

KPU OKU lantik 60 PPK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan melantik sebanyak 60 orang Panitia Pemilihan Kecamatan yang bertugas pada Pilkada Desember 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Ogan Komering Ulu Naning Wijaya di Baturaja, Jumat, mengatakan, pelantikan 60 orang panitia pemilihan kecamatan (PPK) tersebut dijadwalkan pada Sabtu (16/5).

Pelantikan dilakukan setelah diumumkannya lima anggota PPK definitif Pilkada di 12 kecamatan pada 10 Mei lalu.

"Hasil rekrutmen PPK sudah diumumkan, tinggal pelantikannya. Kami di KPU juga sepakat pelantikan terhadap anggota PPK pada Sabtu (16/5)," ungkapnya.

Adapun total jumlah PPK Pilkada itu yaitu sebanyak 60 orang tersebar di 12 kecamatan atau lima orang tiap kecamatan.

Menurut dia, pihaknya telah memberitahukan kepada lima anggota PPK terpilih di masing-masing kecamatan tentang rencana pelantikan tersebut.

Ia berharap, seluruh PPK hadir untuk diambil sumpahnya agar mereka menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, KPU juga meminta PPK definitif datang ke kantor KPU sebelum hari pelantikan dalam rangka persiapan pelaksanaan.

"Bagaimanapun anggota PPK pilkada yang terpilih itu tidak semuanya anggota lama, sebab banyak juga orang baru sehingga mereka perlu tahu sesama PPK lainnya termasuk di Sekretariat KPU agar komunikasinya berjalan lancar," jelasnya.

KPU juga akan mengumumkan anggota panitia pemungutan suara (PPS) terpilih pada Minggu (17/5).

Sedangkan untuk pelantikan PPS itu sendiri dijadwalkan pada Senin, 18 Mei 2015.

"Untuk PPS masing masing desa/kelurahan berjumlah tiga orang. Jika dikalikan dengan 157 desa/kelurahan, jumlah PPS yang akan dilantik sebanyak 471 orang," ujarnya.