Tenis putri Indonesia berpeluang perak beregu SEAG

id tim tenis putri, tim tenis indonesia, tenis putri indonesia, tenis putri beregu, tenis putri, peluang perak, peluang pertahankan perak, sea games sing

Tenis putri Indonesia berpeluang perak beregu SEAG

Petenis putri Indonesia Lavinia Tananta (ANTARA FOTO/ Feny Selly/15/Den)

...Untuk beregu, tim putri masih bisa diandalkan untuk mendapatkan medali perak karena emas sejatinya Thailand yang lebih diunggulkan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Tim tenis putri Indonesia berpeluang mempertahankan medali perak pada nomor beregu pada SEA Games XXVIII di Singapura, Juni mendatang karena masih diperkuat oleh sejumlah petenis berpengalaman yang turun pada ajang serupa empat tahun lalu di Palembang.

Pelatih Timnas Tenis Putri Indonesia Sri Utami Ningsih di Palembang, Rabu, mengatakan, timnya sangat optimistis mampu menguntit Thailand di sektor beregu dengan mengandalkan tiga pemain berpengalaman, Ayu Fani, Lavinia Tananta, dan Jessy Rompies, dan seorang atlet junior Deria Nur Haliza.

"Untuk beregu, tim putri masih bisa diandalkan untuk mendapatkan medali perak karena emas sejatinya Thailand yang lebih diunggulkan. Tapi untuk tunggal, saya tidak berani bicara muluk-muluk apalagi jika dua petenis Thailand berperingkat 100 dunia, serta satu petenis peringkat 200 dunia diturunkan semua," kata Sri yang dijumpai di sela-sela perhelatan Turnamen Internasional ISSF I 2015.

Ia menerangkan, sejak awal Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia tidak menargetkan medali emas kepada tim putri, berbeda dengan sektor putra yang ditargetkan mempertahankan emas nomor beregu putra.

Meski demikian, ia tetap menekan anak asuhnya untuk tampil total pada SEA Games nanti karena peluang tetap terbuka meski Ayu Fani Damayanti (peraih emas SEA Games 2011 nomor tunggal) saat ini sudah terlempar dari peringkat dunia karena memutuskan istirahat selama satu tahun pada 2014.

"Ketika di lapangan, tidak ada kata lain selain berjuang mati-matian meraih yang terbaik," kata dia.

Seusai mengikuti Turnamen ISSF di Palembang (10-18 Mei 2015), tim putri dijadwalkan mengikuti dua uji coba yakni Tarakan Terbuka dan Balikpapan Terbuka sebelum turun di arena SEA Games, Juni mendatang.

Sementara ini, hanya Lavinia Tananta yang berperingkat dunia yakni 679 International Tennis Federation (ITF), sementara Ayu, Jessy Rompies, dan Deria Nur Haliza masih terlempar dari peringkat dunia.

Pada uji coba di Turnamen ISSF di Palembang, tim beregu putra berhasil mengondol medali emas setelah mengalahkan Oman 2-0 dengan hanya diperkuat dua atlet SEA Games Ayu Fani dan Lavinia Tananta karena Jessy Rompies dan Deria Nur Haliza sedang mengikuti tur di luar negeri.