Kesenian tradisional akan meriahkan Festival Sriwijaya

id kesenian tradisional, meriahkan festival sriwijaya, festival sriwijaya sumsel, festival sriwijaya ke 23, festival sriwijaya, dinas pariwisata, dinas p

Kesenian tradisional akan meriahkan Festival Sriwijaya

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kesenian tradisional Sumatera Selatan akan meriahkan Festival Sriwijaya ke-23 yang dijadwalkan digelar pada pertengahan Juni 2015, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Rabu.

Penampilan kesenian tradisional tersebut untuk lebih memperkenalkan lagi kepada masyarakat secara luas karena Festival Sriwijaya akan diikuti seluruh peserta dari kabupaten dan kota termasuk Provinsi Sumatera Selatan dan luar negeri, ujar dia.

Kesenian daerah yang akan tampil itu antara lain "Batang Hari Sembilan" atau lagu-lagu daerah dari kabupaten dan kota dengan menggunakan alat-alat musik tradisional.

"Yang jelas dengan ditampilkannya kesenian tradisional itu diharapkan seniman-seniman muda akan bermunculan untuk melestarikan budaya," kata dia.

Festival Sriwijaya ini juga menjadi salah satu program dan promosi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Festival ini juga diikuti sejumlah negara tetangga.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman dalam rapat persiapan Festival Sriwijaya mengatakan, festival tersebut telah menjadi agenda tahunan daerah ini.

Oleh karena itu pagelarannya harus selalu menarik sehingga banyak diminati masyarakat, katanya.