Perusahaan tambang Merdeka Copper lakukan IPO

id saham merdeka copper, perusahaan tambang, tawarkan saham perdana, lakukan ipo, ipo

...Kami yakin dengan aset dan prospek bisnis yang sangat baik, aksi korporasi ini akan mendapat respon positif dari para investor...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Perusahaan tambang mineral PT Merdeka Copper Gold Tbk menawarkan harga saham perdana (IPO) di kisaran Rp1.800-Rp2.100 per lembar saham.
        
"Kami yakin dengan aset dan prospek bisnis yang sangat baik, aksi korporasi ini akan mendapat respon positif dari para investor," ujar Presdir Merdeka, Adi Adriansyah Sjoekri di Jakarta, Selasa.
        
Ia mengemukakan bahwa perseroan akan melepas sebanyak-banyaknya 874.363.644 saham baru atau 21,7 persen dari total saham perseroan kepada publik. Dengan demikian, perseroan akan meraup dana IPO sekitar Rp1,5-Rp1,8 triliun.
        
Ia menambahkan bahwa dana bersih dari hasil IPO itu rencananya akan digunakan seluruhnya untuk disalurkan ke entitas anak PT Bumi Suksesindo (BSI) yang sahamnya dimiliki 99,9 persen oleh Merdeka Copper Gold Tbk.
        
Dana tersebut, lanjut dia, akan digunakan BSI untuk belanja modal sekitar 50 persen, untuk pelunasan utang sekitar 40 persen dan modal kerja sebesar 10 persen.
        
Untuk mendukung aksi korporasi itu, Merdeka Copper Gold Tbk telah menunjuk PT Indopremier Securities dan PT Bahana Securities bertindak selaku Penjamin Pelaksana Emisi Saham (Joint Lead Underwriter).
        
Direktur PT Indopremier Securities Moleonoto mengatakan bahwa dengan fundamental dan prospek bisnis yang baik, pihaknya optimistis IPO Merdeka Copper Gold Tbk akan mampu diserap oleh pasar.
        
Menurut dia, kendati kondisi pasar saham pada saat ini sedang mengalami fluktuasi, saham Merdeka Copper Gold Tbk akan menjadi alternatif utama investasi para investor.
        
"Kami telah mendapat respon yang sangat positif dari investor institusi dan perorangan terhadap IPO Merdeka Copper Gold. Dengan cadangan emas dan tembaga yang memiliki nilai tinggi, fundamental perusahaan ini akan sangat terjaga dalam jangka panjang. Dan itu yang membuat IPO perseroan menjadi sangat menarik," ujar Moleonoto.
        
Merdeka Copper Gold Tbk merupakan perusahaan tambang mineral pertama di Indonesia yang belum berproduksi yang berkesempatan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).
        
Otoritas bursa sebelumnya telah mengeluarkan peraturan Nomor I-A1 tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Minerba dan berlaku mulai 1 November 2014.
         
Dalam aturan itu salah satunya disebutkan, setiap perusahaan yang sudah memiliki izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi diberikan kemudahan untuk melakukan IPO. Artinya, perusahaan baru yang masih dalam tahap memulai produksi bisa melakukan IPO.
        
Perseroan akan memulai produksi pada lapisan oksida yang menghasilkan emas dan perak secara komersial pada tahun 2016 dengan produksi bijih rata-rata sebesar 3.000.000 ton per tahun. Targetnya adalah meraih produksi tahunan emas hingga 90.000 oz dan perak hingga 1.000.000 oz.
   
Sumber daya mineral milik Merdeka Copper Gold berupa emas, perak dan tembaga berada di Proyek Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur.
        
IPO Merdeka Copper Gold Tbk diperkirakan mendapatkan tanggal efektif pada 1 Juni 2015. Masa penawaran saham akan berlangsung dari tanggal 4-8 Juni 2015. Dan perkiraan pencatatan saham di BEI pada 12 Juni 2015.