Permintaan tiket kereta mudik Palembang-Tanjung Karang rendah

id ka, kereta api, pt kai, lonjakan penumpang. penumpang kai, penumpang kereta, kereta mudik, permintaan tiket rendah

Permintaan tiket kereta mudik Palembang-Tanjung Karang rendah

Loket penjualan tiket Ka (Foto: antarasumsel.com/Evan)

....penjualan tiket kereta api secara online hingga kini baru terjual sekitar 30 persen dari tempat duduk yang tersedia....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Permintaan masyarakat Sumatera Selatan dan Lampung terhadap tiket kereta api untuk mudik lebaran tujuan Palembang-Tanjung Karang dan sebaliknya melalui sistem penjualan dalam jaringan atau secara "online" rendah atau tidak seperti di sejumlah daerah Jawa.

"Berdasarkan data penjualan tiket kereta api secara online hingga kini baru terjual sekitar 30 persen dari tempat duduk yang tersedia, padahal di sejumlah daerah di Jawa tiket untuk mudik lebaran pada Juli 2015 sudah habis terjual," kata Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional III Sumatera Selatan Jaka Jarkasih di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, PT KAI Divisi Regional III Sumatera Selatan sejak sebulan terakhir mulai menawarkan tiket kereta untuk mudik lebaran tujuan Palembang-Tanjung Karang dan sebaliknya melalui sistem penjualan dalam jaringan.

Masyarakat yang akan melakukan perjalanan pulang kampung menggunakan jasa angkutan kereta api menjelang Hari Raya Idul Fitri, kini sudah dapat membeli tiket sehingga bisa dilakukan persiapan lebih awal dan terhindar dari masalah antrean panjang bahkan kehabisan tiket, katanya.

Menurut dia, untuk mendorong masyarakat mempersiapkan perjalanan mudik lebaran bersama keluarga sejak awal, pihaknya terus berupaya menginformasikan kepada masyarakat mengenai telah dibukanya pelayanan penjualan tiket kereta api secara online.

Sementara menghadapi kemungkinan terjadinya peningkatan jumlah pengguna jasa angkutan kereta api menjelang hari besar keagamaan umat Islam tersebut, pihaknya akan menambah gerbong kereta sehingga bisa lebih banyak masyarakat yang dilayani.

"Saat ini kami mulai melakukan penambahan empat gerbong kereta kelas ekonomi untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang trennya terus mengalami peningkatan," ujarnya.

Penambahan gerbong difokuskan pada kelas ekonomi, dari sebelumnya enam gerbong kini menjadi 10 gerbong yang dirangkaikan dengan gerbong kereta kelas eksekutif.

Dengan penambahan empat gerbong yang kapasitasnya masing-masing gerbong 120 tempat duduk, secara keseluruhan setiap kali pemberangkatan tersedia 1.200 tempat duduk untuk melayani penumpang yang akan melakukan perjalanan tujuan Palembang-Tanjung Karang dan sebaliknya.

Penambahan gerbong tersebut akan terus diupayakan untuk mengimbangi lonjakan pengguna jasa angkutan kereta api serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan mudik lebaran, kata Jarkasih.