3.006 peserta lulus SNMPTN Unsri

id snmptn unsri, snmptn, peserta snmptn sumsel, unsri, seleksi masuk unsri, ujian masuk universitas

3.006 peserta lulus SNMPTN Unsri

seleksi masuk perguruan tinggi negeri Unsri Palembang (ilustrasi (Foto ANTARA))

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 3.006 peserta dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Universitas Sriwijaya tahun akademik 2015, dan 1.000 di antaranya mendapatkan beasiswa.

Pembantu Rektor I Unsri Anis Saggaf di Palembang, Minggu, mengatakan, pengumuman kelulusan ini dapat diakses di situs www.unsri.ac.id atau www.reg.unsri.ac.id sejak Sabtu (9/5) pukul 17.00 WIB.

"Dari 3.006 ini terdapat 1.000 orang calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN jalur beasiswa bidik misi. Nanti yang menerima bidik misi akan diseleksi lagi melalui proses verifikasi dengan didatangi tim ke kediamanannya masing-masing untuk memastikan apakah benar keluarga prasejahtera," kata Anis.

Ia mengatakan, sementara bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dan tidak mendaftar dalam jalur bidik misi maka wajib melaksanakan beberapa tahapan yakni regisrasi online di situs resmi Unsri pada 25-29 Mei 2015, melapor secara langsung dengan membawa sejumlah berkas.

Berkas itu, rapor asli, surat keterangan lulus dari sekolah, kartu keluarga, surat pernyataan tidak akan mundur jika diterima jalur SNMPTN, dan surat pernyataan dari orang tua untuk menyanggupi biaya kuliah atau UKT (uang kuliah tunggal).

"Unsri mengundang orang tua atau wali peserta SNMPTN untuk ikut saat verifikasi agar bisa menerima penjelasan mengenai besaran UKT. Sedangkan bagi calon mahasiswa yang juga penerima beasiswa bidik misi hanya perlu mengisi data yang telah ditentukan atau tidak perlu hadir saat verifikasi," kata Anis.

Berdasarkan hasil pendataan panitia pusat SNMPTN diketahui bahwa Unsri berada pada urutan kedelapan di Indonesia sebagai universitas yang paling diminati di Indonesia.

Pada tahun ini, Universitas Sriwijaya dengan 50 prodi diminati memiliki 42.432 pendaftar, sedangkan urutan kesembilan ditempati Universitas Sebelas Maret yang memiliki 64 prodi dan mendapatkan pendaftar 50.673 siswa.

Sedangkan tiga besar ditempati Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya.