Gubernur fasilitasi keinginan masyarakat bergabung ke Palembang

id gubernur sumsel, alex noerdin, sumsel, masyarakat tegal binangun, tegal binangun palembang, wilayah tegal binangun

Gubernur fasilitasi keinginan masyarakat bergabung ke Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selly)

....Pemprov Sumsel akan mengusulkan keinginan masyarakat itu ke pemerintah pusat melalui pengembangan wilayah Kota Palembang sebagai ibu kota provinsi ini....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan memfasilitasi keinginan masyarakat Tegal Binangun Kabupaten Banyuasin ingin bergabung ke wilayah Kota Palembang.

"Pemprov Sumsel akan mengusulkan keinginan masyarakat itu ke pemerintah pusat melalui pengembangan wilayah Kota Palembang sebagai ibu kota provinsi ini," kata Gubernur Alex kepada wartawan setelah mengadakan pertemuan dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian di Palembang, Jumat.

Tegal Binangun yang berada di kawasan Seberang Ulu berbatasan antara Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin, selama ini masuk ke wilayah administrasi Banyuasin.

Oleh karena itu telah disepakati wilayah Tegal Binangun diusulkan ke pemerintah pusat masuk wilayah Kota Palembang, karena memang dari sisi administrasi pelayanan umum dan jarak rentang kendali wilayah lebih dekat ke Kota Palembang.

Menurut Gubernur, berdasarkan undang-undang Tegal Benangun selama ini berada di kabupaten Banyuasin dan bukan Palembang.

"Itu berdasarkan peraturan dan undang-undang dan telah didata pemerintah pusat sehingga tidak bisa masuk Palembang, ujar dia.

Oleh karena itu keinginan masyarakat di daerah tersebut ingin bergabung ke Palembang akan diproses, kata dia.

Namun, warga harus bersabar karena proses akan memakan waktu karena harus ada persetujuan pemerintah kabupaten dan kota, serta DPRD.

Setelah ada persetujuan baru diusulkan ke pemerintah provinsi selanjutnya disampaikan ke pemerintah pusat.

Memang, Pemerintah Banyuasin dan Palembang sudah sepakat mengenai perbatasan tersebut akan dibangun bersama, seperti fasilitas jalan dan jembatan, serta sarana pendukung lainnya.

Sementara Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, Kota Palembang sudah sewajarnya dikembangkan mengingat sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan.

Pemekaran itu nantinya bukan saja di Tegal Binangun tetapi bisa juga di perbatasan Muara Enim, Sumsel, kata dia.

Politisi Partai Demokrat ini juga mengungkapkan, pihaknya tidak bisa memiliki Tegal Binangun karena sesuai peraturan pemerintah pusat (PP) No 23 Tahun 1988 masuk wilayah Banyuasin.

Sementara Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengatakan, pihaknya mendukung Tegal Binangun masuk Palembang demi kepentingan bersama.