Mendagri: pemda harus bersinergi dalam membangun

id mendagri, Tjahyo Kumolo

Mendagri: pemda harus bersinergi dalam membangun

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo (Antara Foto)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengatakan, pemerintah daerah harus selalu bersinergi dalam melaksanakan pembangunan agar dapat berjalan dengan baik.

"Oleh karena itu pemerintah daerah harus juga berkoordinasi dengan semua pihak melaksanakan pembangunan," kata Mendagri saat berbicara dalam rapat koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik se-Sumatera Selatan di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dengan adanya kesamaan visi dan misi maka pembangunan akan berkelanjutan, sebab selama ini masih ada kecenderungan pemerintah daerah berjalan sendiri-sendiri dalam melaksanakan pembangunan dan pemerintahan.

Padahal semua yang dilaksanakan harus mengikuti kebijakan nasional supaya pembangunan berlanjut, kata dia.

Sehubungan itu, kata dia, pemerintah daerah juga harus merangkul semua piak atau bekerja sama dengan berbagai instansi termasuk DPRD setempat.

"Jadi sebagai kepala daerah harus melakukan koordinasi termasuk dalam pengaturan pelaksanaan pembangunan," ujar dia.

Dalam kesempatan itu Mendagri juga mengatakan, mengenai daerah otonomi baru atau kabupaten pemekaran saat ini juga masih ada yang belum berkembang.

Hal ini karena pendapatan asli daerahnya yang tidak meningkat sehingga harus terus dipacu dalam penggalian pendapatan, kata dia.

Dengan belum meningkatnya pendapatan asli daerah maka kemungkinan pembangunannya juga belum merata.

"Diharapkan semua pihak terus memacu pelaksanaan pembangunan dengan meningkatkan pendapatan asli daerah dan menggali sumber-sumber pendapatan baru yang memiliki potensi untuk dijadikan pemasukan, tambah Tjahyo.

Dalam cara itu juga dihadiri Gubernur Sumstera Selatan Alex Noerdin, Wakil Gubernur Ishak Mekki serta para bupati dan wali kota.