Pemkab Muba targetkan penyerapan APBD 90 persen

id muba, pemkab muba

Sekayu (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, menargetkan penyerapan APBN hingga 90 persen pada 2015 untuk menutupi rendahnya pencapaian pada tahun lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Sohan Majid di Sekayu, Kamis, mengatakan tekad ini dilatari karena masyarakat terimbas dampak buruk akibat minimnya penyerapan dana APBN pada tahun lalu.

"Cukup pada tahun lalu penggunaan anggaran yang tidak maksimal, jangan sampai terulang lagi pada tahun ini karena beberapa program tidak berjalan maksimal sehingga masyarakat dirugikan," kata dia.

Sohan mengatakan, berdasarkan laporan realisasi keuangan dan fisik Tahun Anggaran 2014 diketahui Sekretariat Daerah mendapatkan total anggaran sebesar Rp207,5 miliar.

Sementara, penyerapan dari alokasi itu hanya 71,21 persen atau Rp147,9 miliar dengan realisasi pembangunan fisik hanya mencapai 78,12 persen dan Silpa sebesar Rp60 Miliar .

Untuk mendokrak penyerapan dana APBN ini, Setda Musi Banyuasin meminta seluruh SKPD menyusun penganggaran program-program pembangunan sesuai kemampuan dan waktu yang tersedia.

"Jangan mengada-ada, harus mempertimbangan kemampuan yang ada, dengan begini maka realisasi sesuai target," kata dia.