"Wong Kito" Jajal Anfield

id Futsal, faisal adil

"Wong Kito" Jajal Anfield

Faisal Adil (duduk paling kanan) bersama timnya Big Reds seusai menjuarai Turnamen Terbuka Standard Chartered 2015 dalam tajuk Road to Anfield di Jakarta, beberapa waktu lalu.

...Persiapan terbilang sudah matang karena saya selalu berlatih rutin sejak setahun terakhir. Sebagai putra daerah Sumsel, tentunya bangga bisa membawa nama negara...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Setelah Saputra yang sempat menapakkan kaki ke Milan, Italia, karena terpilih memperkuat Tim AC Milan Junior Indonesia pada 2011, kini satu lagi putra daerah Sumatera Selatan yang berkesempatan menjajal kompetisi di Eropa.
     
Adalah Faisal Adil (23) yang meraih kesempatan emas itu setelah timnya yang menjadi fans resmi Liverpool FC, Big Reds, terpilih mewakili Indonesia pada turnamen futsal Standard Chartered Final Trophy 2015 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Jumat (8/5), dengan diikuti sembilan negara.
     
Ke-9 negara itu, yakni Indonesia, Hongkong, Kenya, Korea Selatan, Malaysia, Nigeria, Singapura, Sri Langka dan Zambia. Para peserta akan bertanding mini soccer (setengah lapangan) dalam format setengah kompetisi.
     
"Persiapan terbilang sudah matang karena saya selalu berlatih rutin sejak setahun terakhir. Sebagai putra daerah Sumsel, tentunya bangga bisa membawa nama negara, apalagi nanti bertandingnya di Stadion Anfield yang jadi markasnya Liverpool," kata Faisal yang dihubungi dari Palembang, Kamis.
     
Faisal dan enam rekannya terpilih menjadi wakil Indonesia berkat keberhasilan menjuarai turnamen lokal "Standard Chartered Trophy: Road to Anfield 2015" di Jakarta pada 7 Maret 2015, setelah di final mengalahkan Tim Permata Bank 4-2.
     
Ia tidak menyangka, kesukaan pada olahraga futsal sejak duduk di bangku SMP dan berlanjut hingga ke perguruan tinggi ini akhirnya membawanya ke Anfield. 
     
Semula, Faisal hanya menjadikan futsal sebagai hobi belaka namun seiring dengan meningkatnya kemampuan dan keterampilan mengocek bola dan mengeyam ketatnya kompetisi di Jakarta, akhirnya sejumlah prestasi berhasil diraih.
     
Prestasi cukup membanggakan di antaranya, ketika terpilih menjadi pemain terbaik se-Jabodetabek Turnamen Kompas Muda Britama Junio 2010 dengan memperkuat Tim SMAN 12 Jakarta, pemain favorit turnamen Kit Futsalismo 2014 di Jakarta, juara Liga Futsal Mahasiswa 2012 , juara II turnamen My Futsal Internasional 2015 di Jakarta ketika membela klub profesional Big The Great.
     
Bersama Big The Great, mahasiswa semester akhir Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti ini, turut memperjuangkan tim ini mendapatkan tiket ke Liga Futsal Profesional Indonesia 2015 pada babak playoff. 
     
Putra ke empat pasangan Nyayu Kelly Latif dan Adil Aziz ini pun sempat mengalahkan Tim Futsal Bank Sumsel Babel dengan skor 3-2 pada ajang uji coba jelang Liga Futsal Profesional itu.
     
"Sedih juga tidak bisa menampingi terus tim untuk main di Liga Profesional karena saat ini saya memutuskan fokus untuk kuliah yang sudah masuk semester akhir," kata atlet yang bercita-cita menjadi akuntan ini.