Dinsos Sumsel berupaya bina kegiatan usaha produktif

id dinas sosial, dinsos sumsel, bina kegiatan usaha, usaha produktif, kepala dinas sosial, apriyadi

Dinsos Sumsel berupaya bina kegiatan usaha produktif

Apryadi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya membina masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan usaha produktif guna mengatasi berbagai permasalahan sosial yang terjadi di provinsi setempat.

Pembinaan usaha produktif itu dilakukan dengan cara mengajarkan keterampilan membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar lingkungan masyarakat serta membantu memasarkannya, kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, masyarakat yang di daerahnya memiliki potensi  tanaman rotan dan bambu, diajarkan membuat beraneka ragam kerajinan dari bahan baku tersebut, begitu juga daerah yang memiliki potensi perikanan diajarkan mengolah keunggulan daerah tersebut seperti kerajinan pengolahan ikan asin.

Setiap daerah memiliki berbagai keunggulan masing-masing, sehingga program pembinaan kegiatan usaha produktif  disesuaikan dengan kondisi potensi suatu daerah, katanya.

Menurut dia, kegiatan pembinaan itu dilakukan dalam bentuk kelompok sehingga lebih mudah dilakukan koordinasi dan pengembangannya.

Dengan pembinaan kelompok masyarakat memanfaatkan keunggulan lokal menjadi kegiatan usaha produktif yang memiliki nilai jual  tinggi, diharapkan ke depan bisa meminimalkan permasalahan sosial yang menjadi penghambat pembangunan.

Komitmen dan keberpihakan pemerintah mengatasi permasalahan sosial tersebut diharapkan mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat karena masalah sosial membutuhkan perhatian dari semua pihak, kata dia menambahkan.