Permintaan tiket kereta api Palembang-Tanjung Karang meningkat

id kereta api, pelayanan, pelayanan jasa angkutan kereta api, pt kai, kereta api indonesia

Permintaan tiket kereta api Palembang-Tanjung Karang meningkat

Antrean pembelian tiket di Stasiun Kereta Api, Kertapati Palembang. (Foto Antarasumsel.com/15/Evan Ervani)

...Peningkatan permintaan tiket kereta api tersebut beberapa bulan ke depan diprediksi akan semakin tinggi karena ada momentum hari besar keagamaan umat Islam yakni bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan tiket kereta api tujuan Palembang, Sumatera Selatan -Tanjung Karang, Lampung, beberapa hari terakhir mengalami peningkatan yang cukup tinggi berkisar 20 hingga 30 persen dari kondisi sebelumnya.

Peningkatan permintaan tiket kereta api tersebut beberapa bulan ke depan diprediksi akan semakin tinggi karena ada momentum hari besar keagamaan umat Islam yakni bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, kata Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional III Sumatera Selatan, Jaka Jarkasih di Palembang, Selasa.

Menurut dia, menghadapi peningkatan jumlah pengguna jasa angkutan kereta api tersebut, pihaknya berupaya menambah gerbong kereta sehingga bisa lebih banyak masyarakat yang dilayani.

"Saat ini kami mulai melakukan penambahan empat gerbong kereta kelas ekonomi untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang trennya terus mengalami peningkatan," ujarnya.

Dia menjelaskan, penambahan gerbong difokuskan pada kelas ekonomi, dari sebelumnya enam gerbong kini menjadi 10 gerbong yang dirangkaikan dengan gerbong kereta kelas eksekutif.

Dengan dilakukan penambahan empat gerbong yang kapasitas masing-masing gerbong 120 tempat duduk, secara keseluruhan setiap kali pemberangkatan tersedia 1.200 tempat duduk untuk melayani penumpang yang akan melakukan perjalanan tujuan Palembang-Tanjung Karang dan sebaliknya.

Sementara mengenai harga tiket kereta api khususnya kelas ekonomi, saat ini mengalami kenaikan sebesar Rp5.000 dari Rp30.000 kini menjadi Rp35.000 per orang.

Dengan dilakukannya penambahan gerbong dan disesuaikannya harga tiket dalam kondisi ekonomi sekarang ini diharapkan pelayanan jasa angkutan kereta api di daerah ini bisa berjalan dengan baik, aman, dan nyaman serta tidak ada penumpang yang terlantar, kata Jarkasih.