Wali Kota: Diklat prajabatan bukan formalitas

id wali kota palembang, palembang, pemkot palembang, harnojoyo, diklat prajabatan, bukan formalitas,

Wali Kota: Diklat prajabatan bukan formalitas

Harnojoyo. (Foto Antarasumsel.com/15/Dolly Rosana)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pendidikan dan latihan (Diklat) prajabatan calon Pegawai Negeri Sipil bukan formalitas belaka tapi kesempatan untuk meningkatkan profesionalitas sebagai pelayan masyarakat, kata Wali Kota Palembang Harnojoyo.

"Diklat ini bukan hanya formalitas tapi upaya membuat PNS menjadi lebih profesional sebagai aparatur negara. Jadi saya mengharapkan peserta untuk serius meski sudah sempat bekerja sebagai pekerja honor," kata Harnojoyo seusai membuka Diklat Prajabatan CPNS formasi K2 di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, sejalan dengan semangat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mencetak manusia sebagai investasi negara, para peserta diharapkan mencapai kondisi ideal dalam mengikuti diklat ini.

"Peserta diharapkan meningkat keterampilan, kompetensi, dan sikapnya yang pada gilirannya akan berpengaruh positif pada kinerja instansi" ujar dia.

Ia menambahkan, diklat prajabatan ini merupakan pembentukan awal bagi PNS di lingkungan Pemkot Palembang agar bertambah arif dan bijaksana dalam melangkah, serta mawas diri dalam mengambil keputusan, serta mampu memadukan antara kebenaran teori dengan kondisi empiris di lapangan.

"Ini merupakan suatu proses yang harus diikuti oleh setiap CPNS sebagai salah satu syarat menjadi PNS, untuk itu saya berharap agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dapat menerapkannya dalam tugasnya nanti sebagai pegawai negeri sipil," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Palembang Kurniawan mengatakan kegiatan ini diikuti 796 peserta dari golongan I (48 orang), golongan II (549), dan III (199 orang).

"Diklat prajabatan ini dibagi menjadi 20 angkatan dan berlangsung mulai 4 Mei sampai November 2015, dengan rincian satu angkatan berlangsung selama 6 hari kerja," kata dia.