Danseskoal: Sumsel merupakan poros maritim Indonesia

id komandan sekolah staf, komando angkatan laut, maskal muda, harry setianegara, sumsel poros maritim, poros maritim indonesia, angkatan laut

Danseskoal: Sumsel merupakan poros maritim Indonesia

Ilustrasi - Pasukan TNI AL (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Komandan Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Maskal Muda Harry Setianegara mengatakan, Sumatera Selatan merupakan salah satu poros maritim di Indonesia sehingga pihaknya akan melakukan pendataan di daerah tersebut.

"Jadi sebagai poros maritim maka kami minta masukan terhadap kondisi wilayah Sumsel," kata dia kepada wartawan usai pertemuan dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Memang, lanjut dia, ada beberapa provinsi yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan Sesko ini selain Sumsel.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain Sumsel yang menjadi perhatian pihaknya antara lain Riau, Aceh, Bangka Belitung dan Lampung.

Sementara di luar Sumatera antara lain provinsi Kalimantan Barat dan daerah yang areal lautnya juga luas, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya akan mendata kondisi masyarakat terutama di daerah pesisir termasuk di Sumsel.

Hasil pendataan tersebut akan dijadikan masukan dalam pelaksanaan keamanan di masa mendatang, ujar dia.

Apalagi Sumsel sekarang ini rutin menjadi tuan rumah berbagai kegiatan nasional dan internasonal sehingga keamanan termasuk perairan harus selalu diutamakan.

Sehubungan itu pihaknya melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel untuk mengetahui perkembangan masyarakat yang ada terutama di daerah pesisir.

"Masukan tersebut nantinya akan dibahas bersama dan akan dijadikan bahan untuk pembangunan dan pertahanan di masa mendatang" katanya.