BI Sumsel perluas layanan penukaran uang

id bank indonesia sumsel, bank indonesia, bi sumsel, bi, penukaran uang, layanan penukaran uang, layanan penukaran, uang

BI Sumsel perluas layanan penukaran uang

Suasana penukaran uang di Bank Indonesia Palembang. (FOTO Antarasumel.com/Feny Selly) ()

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Bank Indonesia (BI) Wilayah VII Sumatera Selatan memperluas layanan penukaran uang kartal pecahan kecil dengan menggandeng 30 bank dan 43 cabang di Palembang sebagai tempat penukaran sejak 4 Mei 2015. 

Kepala Perwakilan BI Wilayah VII Sumsel Hamid Ponco Wibowo di Palembang, Kamis, mengatakan, dengan layanan baru ini maka masyarakat tidak mesti ke BI untuk menukar uang karena hampir seluruh perbankan sudah memiliki layanan serupa.

"Untuk mendorong program ini, BI menyiapkan uang kartal yang masih baru sebanyak Rp40 miliar setiap bulan," kata Hamid.

Ia menerangkan, perluasan layanan penukaran uang ini untuk mempermudah masyarakat mengingat BI hanya melayani sebanyak dua hari dalam satu minggu.

"Kebutuhan terhadap uang pecahan di Palembang setiap tahun semakin meningkat karena kota ini sudah tumbuh menjadi suatu pusat ekonomi di Indonesia. Artinya perlu infrastruktur pendukung, dan salah satunya fasilitas penukaran uang di seluruh perbankan," kata dia.

Perluasan layanan ini dalam rangka penerapan Undang Undang (UU) No 7 Tahun 2011 tentang mata uang yang menyebutkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan rupiah di masyarakat.

Sesuai dengan UU tersebut, BI pun meluncurkan penukaran uang pecahan kecil.

"Program ini sengaja diluncurkan pada Mei karena BI berkeinginan mengedukasi masyarakat karena tak berapa lama lagi akan memasuki bulan puasa Ramadhan dan lebarang Idul Fitri. Biasanya, penukaran uang ini akan marak karena budaya masyarakat yang kental untuk membagi-bagikan uang ketika berlebaran," kata dia.