Alex Noerdin: buruh komponen penting pembangunan

id buruh, komponen pembangunan

Alex Noerdin: buruh komponen penting pembangunan

Demo buruh di Palembang, Jumat (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan buruh merupakan komponen penting dalam pembangunan karena tanpa mereka negara ini tidak bisa membangun untuk mencapai kesejahteraan.

"Pada peringatan hari buruh ini saya ingin menyampaikan apresiasi kepada buruh. Buruh yang menjadi bagian masyarakat turut membangun Sumatera Selatan. Jika tidak ada buruh maka daerah ini tidak bisa membangun hingga bisa seperti saat ini," kata Alex yang dijumpai seusai acara pendataan keluarga oleh petugas BKKBN di Palembang, Jumat.

Pada peringatan "Mayday" ini, Alex mengajak buruh untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam mempercepat pembangunan di Sumatera Selatan yang saat ini sedang fokus pada sektor infrastruktur.

"Karena buruh, negara ini bisa membangun tapi buruh sejatinya tidak bisa sendiri, mereka membutuhkan juga pengusaha yang tentunya difasilitasi pemerintah. Itulah muncul istilah `tripartit` yang terdiri atas, buruh, pengusaha dan pemerintah," kata dia.

Terkait dengan kesejahteraan buruh, Alex menyatakan bahwa hal itu menjadi target utama pemerintah daerah karena buruh juga bagian dari masyarakat.

Menurutnya, perhatian pemerintah terhadap buruh ini sudah direalisasikan dengan menjadikan tiga kebutuhan utama masyarakat sebagai prioritas pembangunan, yakni pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja.

"Untuk upah minimum provinsi, memang benar Sumsel tidak setinggi di Jawa tapi jika buruh tidak lagi dibebani biaya untuk membayar sekolah untuk anaknya, demikian juga ketika sakit, artinya beban ada sudah jauh lebih kurang dibandingkan tempat lain," kata dia.

Hanya saja, Alex tidak menampik, bahwa lapangan kerja yang menjadi kebutuhan vital para buruh yang belum terpenuhi sesuai dengan harapan buruh.

Namun, ia optimitis, persoalan lapangan kerja ini akan teratasi seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur di Sumsel, meliputi, jalan tol, jembatan, underpass, dan rel kereta api.

"Pembangunan jalan tol Palembang-Inderalaya disebut Presiden Joko Widodo sebagai tongak awal pembangunan di Sumsel, tapi jangan salah karena sejatinya bukan baru ini Sumsel membangun tapi sejak dulu, tapi jalan tol memang menjadi pemicunya," kata dia.