Pemkab Musirawas salurkan 1.000 paket sembako murah

id sembako, paket sembako murah

Pemkab Musirawas salurkan 1.000 paket sembako murah

Suasana pembelian paket sembako murah (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera selatan, memberikan 1.000 paket sembilan bahan pokok dengan murah untuk meringankan masyarakat ekonomi rendah pada empat kecamatan di wilayah itu.

Penyaluran Sembilan bahan pokok (Sembako) dengan harga terjangkau itu di salurkan pada warga kurang mampu pada empat kecamatan yang dinilai tingkat ekonominya sangat rendah, kata Wakil Bupati Musirawas Hendra Gunawan, Jumat.

Ia mengatakan anjloknya tingkat ekonomi pada empat kecamatan yaitu Kecamatan Megang sakti, Sumberharta, Tiang Pumpung Kepungut dan BTS Ulu akibat rendahnya harga jual karet petani.

Sementara para petani di wilayah itu sebagian besar bermata pencarian dari tanaman karet dan sawit, namun harga dua komoditi itu terus menurun, sehingga tingkat ekonomi mereka juga berpengaruh.

Untuk meringankan beban para petani itu, maka diberikan sembilan bahan pokok dengan harga terjangkau yaitu sekitar Rp40 ribu dari yang mestinya sekitar Rp60 ribu per paket.

Pengadaan sembako murah itu kerja sama dengan Bank Sumsel Babel setempat karena pihak perbankan juga sangat peduli akan penderitaan masyarakat di wilayah empat kecamatan itu, ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Musirawas Bambang Hermanto mengatakan penyaluran sembako itu adalah bagian dari operasi pasar sembako karena harga di pasaran terus mengalami kenaikan.

Untuk meringankan beban masyarakat ekonomi rendah di wilayah itu Bupati Musirawas Ridwan Mukti menginstruksikan agar masyarakat dibantu melalui operasi pasar secara merata.

Pada tahap pertama ini untuk empat kecamatan dulu dari 14 kecamatan yang ada di wilayah itu, namun masyarakat di beberapa kecamatan kehidupan masih lumayan karena mereka memiliki sawah dan usaha ikan air deras.

Ia menjelaskan 1.000 paket sembako murah setiap kecamatan masing-masing 250 paket, sedangkan setiap paketnya berisi gula pasir, minyak goreng, gandum, masing-masing satu kilogram dan susu dua kaleng serta sejumlah mi instan dengan nila setiap paket sekitar Rp60 ribuan.

Penyaluran sembako murah itu langsung di kecamatan kemudian dibagikan pada warga disetiap desa dan kelurahan, khususnya diperuntukan bagi warga kurang mampu.

Kepala Bank Sumselbabel cabang Lubuklinggau Yusuf Damsik mengatakan bantuan tersebut merupakan kepedulian perbankan pada warga ekonomi lemah saat kondisi harga sembako tinggi dan hasil perkebunan rendah.

Mudah-mudahan dengan bantuan itu bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah daerah maupun pihak pengusaha swasta lainnya, ujarnya.