Pengembangan pelabuhan Boom Baru Palembang berlanjut

id pelabuhan boom baru, pt pelindo ii, pelabuhan palembang, pengembangan pelabuhan

Pengembangan pelabuhan Boom Baru Palembang berlanjut

Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Program pengembangan pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan yang dilakukan secara bertahap sejak beberapa tahun terakhir hingga kini masih berlanjut sesuai dengan rencana.

"Program pengembangan pelabuhan agar tetap berfungsi secara maksimal melakukan pelayanan bongkar muat barang dari dalam maupun luar negeri yang akhir-akhir ini terus mengalami peningkatan hingga kini berjalan dengan baik sebagaimana mestinya," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang kota setempat Fransiska Riana di Palembang, Rabu.

Menurut dia, untuk mengembangkan pelabuhan Boom Baru, sekarang ini sedang disiapkan beberapa proyek seperti perluasan dermaga, pembangunan pergudangan baru, dan pergantian sejumlah peralatan bongkar muat yang kurang efisien.

Pengembangan pelabuhan tersebut akan terus dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan lahan yang diperoleh dari melakukan relokasi beberapa gedung perkantoran mitra PT Pelindo yang ada di sekitar area pelabuhan, katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan relokasi gedung perkantoran yang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir itu, berjalan dengan baik karena sesuai perjanjian masing-masing mitra bersedia pindah ke luar area pelabuhan kapanpun PT Pelindo membutuhkan lahan yang dipinjamkan kepada mereka untuk pengembangan pelabuhan Boom Baru.

Melalui program pengembangan itu, diharapkan pelabuhan di kawasan Sungai Musi Palembang itu bisa tetap diandalkan masyarakat Sumsel sebagai pintu gerbang keluarnya hasil bumi mereka dan masuknya berbagai barang kebutuhan hidup sehari-hari dari berbagai daerah dan luar negeri.

Selain melakukan pembenahan, untuk tetap menjaga pelabuhan tersebut berfungsi secara maksimal, pihaknya juga berpartisipasi memelihara alur pelayaran Sungai Musi agar tidak mengalami pendangkalan, kata Fransiska.