OJK selenggarakan pelatihan pemasar layanan keuangan mikro

id ojk, layanan makro, pelatihan pemasar layanan keuangan mikro

OJK selenggarakan pelatihan pemasar layanan keuangan mikro

Otoritas Jasa Keuangan - OJK (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Kegiatan 'training of trainers' ditujukan untuk mendalami pemahaman para tenaga pemasar tentang Layanan Keuangan Mikro, sehingga produk dan jasanya dapat sampai ke masyarakat dengan tepat...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan pelatihan terhadap pemasar Layanan Keuangan Mikro guna meningkatkan pemahaman mereka terkait penggunaan produk dan jasa keuangan tersebut.
       
"Kegiatan 'training of trainers' ditujukan untuk mendalami pemahaman para tenaga pemasar tentang Layanan Keuangan Mikro, sehingga produk dan jasanya dapat sampai ke masyarakat dengan tepat," ujar Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Setiono dalam pidato pembukaan pelatihan pemasar di Jakarta, Selasa.
       
Ia menjelaskan Layanan Keuangan Mikro (LKM) merupakan layanan terpadu dengan proses yang sederhana, cepat, terjangkau dan dapat mudah diakses.
       
Berbagai produk LKM antara lain meliputi tabungan tanpa biaya administrasi dan investasi logam mulia dengan cicilan ringan, tambahnya.
       
Selain itu, terdapat juga produk asuransi mikro dengan nilai premi maksimum Rp50.000, serta reksa dana mikro yang nilai awal investasinya adalah Rp100.000.
       
Oleh karena itu, menurut Kusumaningtuti, berbagai fitur dan kemudahan jasa yang ditawarkan tersebut harus didorong agar dapat diterima publik, sehingga usaha itu juga kemudian dapat meningkatkan literasi keuangan di tingkat masyarakat.
       
"Kegiatan pelatihannya saat ini diisi 40 peserta dari 12 lembaga keuangan, dimana setelah ini diharapkan mereka kemudian melatih pegawai di masing-masing lembaga tersebut," katanya.
       
Terkait dengan pelatihan ini, Kusumaningtuti juga menambahkan bahwa peningkatan pemahaman mengenai LKM yang dilaksanakan dua hari, yaitu 28 hingga 29 April direncanakan mulai dilakukan secara rutin.