Pemprov kurangi penerima pkh dari Kemensos

id pkh, program pkh

Pemprov kurangi penerima pkh dari Kemensos

Masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II dari Kementerian Sosial RI di Kantor Pos Merdeka Palembang (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memperkecil jumlah masyarakat yang menerima Program Keluarga Harapan dari Kementerian Sosial.

"Kebijakan ini akan diambil karena keluarga peneriman Program Keluarga Harapakan itu adalah bagi masyarakat yang kurang mampu," kata Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Syahril Zaman, usai membuka rapat koordinasi PKH, di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, upaya mengurangi jumlah masyarakat yang kurang mampu tersebut, antara lain dengan meningkatkan perekonomian dari berbagai sektor.

Selain itu, Pemprov Sumsel menurutnya, akan memaksimalkan program sekolah dan pengobatan gratis yang ada di daerah ini.

Kesemuanya itu, ujar dia, tidak lain untuk memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia sebagai tolok ukur pembangunan.

Menurut dia, PKH sebenarnya merupakan bantuan tunai bersyarat dari Kementerian Sosial.

Persyaratan mereka yang berhak mendapatkan PKH itu, antara lain ibu sedang menyusui, wanita hamil dan sedang menyekolahkan anak, kata dia lagi.

"Jadi, jumlah warga kurang mampu penerima PKH itu seharusnya dikurangi, dengan upaya Sumsel harus meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini," kata dia pula.

Menurutnya, penerima PKH di Sumsel saat ini sekitar 91.664 keluarga.

Penerima PKH itu mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya, namun dia tidak merincikan jumlahnya.

Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumsel MS Sumarwan MM mengatakan, secara umum jumlah penerima bantuan PKH di daerah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia mencontohkan, untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu sebelumnya sekitar 4.000 keluarga penerima, kini berkurang menjadi 3.000 keluarga sasaran penerimanya.

Ia menegaskan, hal ini berarti Pemprov Sumsel harus terus berupaya menurunkan tingkat kemiskinan.

Menurut dia, rapat koordinasi yang dilaksanakan ini tidak lain untuk memberikan pemahamanan lebih baik lagi, di antaranya kepada para pendamping.