Kemensos: Sumsel Provinsi terbaik penyaluran PKH

id kementerian sosial, kemensos, provinsi sumsel, sumatera selatan, program keluarga harapan, pkh

Kemensos: Sumsel Provinsi terbaik penyaluran PKH

Ilustrasi Seorang petugas Program Keluarga Harapan (PKH) melayani masyarakat penerima dana PKH tahap II dari Kementerian Sosial RI di Kantor Pos Merdeka Palembang, Sumatera Selatan. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Kementerian Sosial DR Oetami Dewi mengatakan, Provinsi Sumatera Selatan terbaik dalam penyaluran dana Program Keluarga Harapan.

"Berdasarkan evaluasi selama ini penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) di Sumsel belum ada hambatan. Ini menandakan Pemerintah Provinsi Sumsel serius menjalankan program Kementerian Sosial," kata Oetami usai menghadiri pembukaan rapat koordinasi PKH di Palembang, Senin.

Menurutnya pendamping program PKH juga benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik.

Untuk itu ia menjelaskan, Kemensos memberikan hadiah kepada Pemerintah Provinsi Sumsel untuk memotivasi petugas di lapangan, berupa kendaraan operasional bagi kabupaten yang telah berhasil melaksanakan program pusat.

Oetami menjelaskan, Kementerian Sosial untuk 2015 mencadangkan dana PKH bagi Sumsel sebesar Rp128,7 miliar.

Dana tersebut terus diawasi penyalurannya sehingga dapat diterima keluarga kurang mampu.

Ia menyebutkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi seperti bila keluarga sedang menyekolahkan ada harus ada tanda kehadiran minimal 80 persen. Seorang seorang ibu yang punya balita harus ada syarat kehadiran di Posyandu.

Bila itu syarat-syarat tidak terpenuhi maka dana tidak akan dicairkan.

Bahkan, bila enam bulan berturut-turut tidak memenuhi syarat tersebut maka pihaknya akan memutus penerima PKH itu walaupun dia termasuk keluarga miskin.

PKH itu tidak lain bertujuan supaya masyarakat di daerah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan kesehatan.