Aktivis: Pilkada Musirawas diikuti empat pasang calon

id calon bupati, calon bupati musirawas,musirawas, pilkada, pilkada daerah, pilkada serentak, pemkab musirawas

Aktivis: Pilkada Musirawas diikuti empat pasang calon

ILustrasi(Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....Jika melihat faktual dinamika politik terkini di mana terjadi konflik internal Partai Golkar dan PPP, maka maksimal pasangan calon yang sepertinya realistis untuk diajukan dari parpol tidak akan lebih dari empat pasangan....
Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Salah seorang aktivis pemuda di Kabupaten Musirawas Herman Sawiran memprediksi calon bupati-wakil bupati yang akan ikut bertarung pada Pilkada 2015 tidak lebih empat pasang dari 13 pasang yang mendaftar ke berbagai partai politik.

Sedangkan untuk calon bupati jalur perseorangan tidak semudah apa yang diperkirakan banyak orang karena harus melengkapi syarat kartu penduduk elektronik, kata Herman Sawiran di Musirawas, Sumatera Selatan, Minggu.

Ia mengatakan jika mengacu pada peraturan perundangan tentang Pilkada, maka calon bupati dan wakil bupati Musirawas tidak lebih dari empat pasang yang bisa diajukan ke KPU.

Karena dukungan yang dibutuhkan minimal 20 persen kursi DPRD atau suara hasil pemilihan legislatif 2014.

"Jika melihat faktual dinamika politik terkini di mana terjadi konflik internal Partai Golkar dan PPP, maka maksimal pasangan calon yang sepertinya realistis untuk diajukan dari parpol tidak akan lebih dari empat pasangan," tandasnya.

Kalau dari jalur perseorangan sesuai Undang-Undang(UU), tidaklah semudah perkiraan orang, karena yang dibutuhkan bukan hanya KTP tapi surat dukungan masyarakat minimal 8,5 persen dari jumlah penduduk daerah tersebut.

Ia menilai posisi yang memiliki peluang untuk mendapatkan "perahu" partai politik mulai mengerucut kepada beberapa calon saja.

"Saya memprediksi para calon bupati yang akan didukung partai politik antara lain Hendra Gunawan dan H Ahmad Murtin," jelasnya.

Meskipun hingga saat ini belum satupun parpol yang deklarasi mendukung pasangan calon tertentu, karena belum selesainya lobi serta pemenuhan konsesi terhadap parpol tersebut.

Padahal tidak masalah bagi parpol melakukan deklarasi dukungan sedini mungkin agar lebih punya banyak waktu menggarap konstituen, ujarnya.

Salah seorang calon Bupati Musirawas H Ahmad Murtin mengatakan hingga saat ini pihaknya sudah mendaftar pada delapan partai politik, namun dari jumlah itu mulai mengerucut pada beberapa partai.

"Saya belum mau menjelaskan partai mana saja yang akan mendukung, namun setelah mendapat dukungan secara tertulis baru akan diinformasikan pada rekan-rekan wartawan, ujarnya.