RSUD Bari tambah gedung akhir tahun 2015

id rsud bari, rumah sakit daerah, rumah sakit palembang, palembang, rsud tambah gedung, gedung rsud bari

RSUD Bari tambah gedung akhir tahun 2015

Suasana ruangan RSUD Bari (FOTO ANTARA)

....kemungkinan besar akhir tahun gedung baru ini sudah beroperasi....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari Palembang akan menambah satu gedung baru pada akhir tahun 2015 untuk meningkatkan pelayanan rawat inap bagi pasien kelas III.

Direktur Utama RSUD Bari Makiani di Palembang, Kamis, mengatakan, sebanyak 200 kamar direncanakan akan ditambahkan pada layanan kelas III.

"Saat ini sudah memasuki tahapan lelang, kemungkinan besar akhir tahun gedung baru ini sudah beroperasi," kata Makiani.

Ia mengemukakan, pembangunan gedung baru dianggarkan Rp30 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang. 

Anggaran ini meliputi biaya konsultan, penambahan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), infrastruktur gedung, dan lainnya. 

"Diperkirakan tahun ini akan selesai 150 kamar," kata dia.

Ia menerangkan, dengan penambahan kamar ini maka RSUD Bari akan memiliki 471 kamar dari sebelumnya hanya 321 kamar rawat inap.

"Kekurangan kamar pasien rawat inap mulai terasa sejak program BPJS Kesehatan diselenggarakan pemerintah. Harapannya, dengan penambahan ini akan semakin meningkatkan pelayanan ke masyarakat terutama kepada masyarakat berpenghasilan rendah," ujar dia.

RSUD sebagai rumah sakit milik pemerintah kota tak hanya melayani peserta BPJS, tapi juga program jaminan kesehatan lainnya, seperti Jamsoskes dan Jamkesmas.

Pelayanan yang diberikan dikelompokkan dalam kelas I, kelas II, kelas III, VIP, dan VVIP.

Sementara ini sebagian besar warga Kota Palembang merujuk ke Rumah Sakit Mohammad Husein dan RSUD Bari untuk penyakit dalam kategori berat.