Vinky maju ke semifinal Piala Presiden

id tinju, tinju piala presiden, piala presiden, tim tinju indonesia, tinju indonesia

Vinky maju ke semifinal Piala Presiden

Kejuaraan Tinju Amatir Piala Presiden XXII di Palembang Sumatera Selatan, 22-29 April 2015. (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly) (Foto:antarasumsel.com/15/Feny Selly)

....sepanjang pertandingan menerapkan permainan `counter attack`....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Petinju andalan Indonesia Vinky Montolalu lolos ke semifinal kelas 64 kilogram setelah mengkandaskan wakil Mesir Eslam Ahmed Aly Muhamed dengan skor 2-1 pada Kejuaraan Internasional Tinju Amatir Piala Presiden di Palembang, Kamis.

"Lawan berkarakter `boxer`, sehingga sepanjang pertandingan menerapkan permainan `counter attack`, untuk mengantisipasinya saya selalu menekan atau tidak memberikan kesempatan lawan untuk berkembang," kata Vinky yang diwawancarai seusai pertandingan.

Menurut atlet yang tergabung dalam Pelatnas SEA Games Singapura ini, kemenangan atas Eslam menjadi modal mental untuk pertandingan di semifinal yakni menghadapi Ven Ratha (Kamboja) yang pada babak delapan besar mengalahkan petinju Indonesia Rizal Pardede.

"Secara mental saya lebih percaya diri setelah masuk semifinal. Meski lawan di semifinal merupakan naturalisasi Kuba lebih berpengalaman, saya yakin bisa menang asalkan bisa membuat pertandingan imbang karena sebagai tuan rumah ini suatu peluang jika sudah 50:50," kata atlet asal Manado ini

Pertandingan Vinky melawan Eslam sempat diwarnai aksi protes Pelatih Mesir Said Hasan di pinggir ring karena merasa skor pertandingan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Said merasa atletnya lebih unggul angka karena sempat beberapa kali melancarkan pukulan telak ke Vinky.

"Jika ditanya akankah memprotes wasit, tentu tidak, karena Mesir memiliki hubungan baik dengan Indonesia. Tapi harus diketahui bahwa atlet saya ini adalah juara di Arab, Afrika, dan sempat meraih perak pada Kejuaraan pra olimpiade," kata Said.

Atas protes itu, Vinky menilai wajar karena sering terjadi di setiap pertandingan tinju jika kedua atlet bertanding relatif imbang.

"Di pertandingan mana pun, biasanya jika nilai 50:50 maka yang akan dimenangkan wasit adalah tuan rumah, ini sudah lumrah. Jadi saya tidak terlalu mempermasalahkan protes pelatih Mesir ini," ujar dia.

Keberhasilan Vinky menambah daftar atlet Indonesia yang berhasil menembus babak empat besar setelah pada pertandingan hari ini, Mario Kali yang mengalahkan petinju Qatar Yahya Saleh Al Rafiq dengan skor 2-1.

Sementara, tiket semifinal lainnya berhasil diraih petinju putri Angelina Niis setelah mengalahkan Lee An Jin (Malaysia) dengan skor telak 3-0, kemarin (22/4).

Kejuaraan Piala Presiden di Palembang Sport Convention Center, 20-25 April 2015 diikuti 182 atlet dari 24 negara dengan memperbutkan hadiah Rp39 juta bagi juara umum dan Rp13 juta bagi petinju terbaik.