Siswa optimis UN dengan komputer lebih mudah

id komputer, un smp

Siswa optimis UN dengan komputer lebih mudah

Siswa SMP simulasi UN dengan komputer (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah siswa SMP Negeri 1 Palembang menyatakan Optimis bisa melalui Ujian Nasional berbasis komputer dengan lebih mudah dibandingkan ujian manual menggunakan kertas.

"Tadi ketika simulasi bisa 45 menit lebih cepat, selain itu praktis," kata Dea, siswa yang baru saja mengikuti simulasi UN berbasis computer atau Computer Based Test (CBT) di Palembang, Kamis.

Tanggapan positif siswa ini dijadikan pemacu bagi SMPN 1 Palembang sebagai satu-satunya penyelenggara UN CBT SMP di Sumatera Selatan.

"Kami juga sempat menyediakan angket pada peserta, dan sejauh ini tanggapan anak-anak sangat positif," kata Ketua Pelaksana Ujian Nasional CBT SMPN 1, Yanti Pratiwi.

Menurut dia, bila pelaksanaan UN berbasis komputer ini sukses, diharapkan SMPN 1 bisa menjadi contoh dan membantu SMP lain di Palembang untuk melakukan hal serupa.

"UN berbasis komputer ini sangat efisien dan menghemat waktu, serta ujian dengan hasil bersih tanpa adanya kemungkinan kecurangan," ungkapnya.

Ia menilai, UN seperti sekarang terbukti kejujuran siswa, sehingga bila mampu mempertahankan prestasi sebagai sekolah peraih rata-rata UN tertinggi dengan sistem seperti ini akan jadi kebanggaan tersendiri.

Sejauh ini untuk pelaksanaan UN pada Mei mendatang sekolah telah menyediakan 85 unit komputer dengan 11 cadangan yang terbagi dalam tiga lokal.

Masing-masing ruangan dijaga prokton dan asisten serta satu orang teknisi yang ahli di bidang komputer.

Sementara untuk kemungkinan masalah listrik, sekolah sudah melayangkan surat dan proposal kepada pihak PLN setempat untuk tidak memadamkan listrik pada saat Ujian Nasional berlangsung.

"Kebetulan ketua komite orang PLN memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan pihak perusahaan itu," kata Yanti.