Gubernur Sumsel siapkan pelaksana tugas bupati

id gubernur, alex noerdin

Gubernur Sumsel siapkan pelaksana tugas bupati

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin saat ini sudah menyiapkan pejabat dalam jajarannya untuk menjadi pelaksana tugas bupati, karena kabupaten tersebut akan melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Ada beberapa bupati yang habis masa jabatannya sebelum pelaksanaan pemilihan kepala daerah, sehingga harus ada pelaksana tugas, kata gubernur kepada wartawan di Palembang, Rabu.

Memang, penunjukan pelaksana tugas itu menjadi wewenang gubernur sehingga harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Oleh karena itu sebelum berakhirnya masa jabatan bupati, gubernur mempersiapkan pejabat pelaksana tugas bupati untuk menjalankan roda pemerintahan di suatu kabupaten yang akan menggelar Pilkada pada Desember 2015.

Menurut dia, dalam waktu dekat ini masa jabatan bupati habis sebelum pemilihan kepala daerah, di antaranya Kabupaten Ogan Komeirng Ulu, Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Bupati tiga kabupaten tersebut akan berakhir masa jabatannya pada Agustus 2015, sementara pemilihan kepala daerah dilaksanakan pada Desember 2015.

Oleh karena itu pelaksana tugasnya akan disiapkan supaya tidak mengalami kekosongan, katanya.

Mengenai sejumlah bupati akan berkahir masa tugasnya sehingga harus ada pelaksana tugas, Gubernur Alex Noerdin mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sumber daya manusia untuk mengisi lowongan itu.

Sementara, figur berhak menjadi pelaksana tugas bupati adalah bagi pejabat eslon II, dan dalam jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel masih banyak yang berkualitas.

Ia menambahkan, sumber daya manusia dalam jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel sudah ada, dan siap mengisi pelaksana tugas bupati bagi kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada pada Desember 2015.