Menperin dorong pembangunan pabrik ban di Sumsel

id menteri perindustrian, saleh husin, kemenprin, kementerian perindustrian, pabrik ban, karet

Menperin dorong pembangunan pabrik ban di Sumsel

Menteri Perindustrian Saleh Husin (ANTARA FOTO)

....produksi getah karet dari Sumsel cukup besar, sehingga diharapkan dapat diolah menjadi ban untuk mendukung hilirisasi produk....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, pihaknya akan mengupayakan dan mendorong pembangunan pabrik ban di Provinsi Sumatera Selatan, mengingat bahan bakunya cukup banyak tersedia di daerah ini.

Pihaknya akan mengundang pengusaha ban asing untuk berinvestasi di Sumsel, kata Menperin kepada wartawan, usai membuka Rapat Kerja Nasional Pengembangan Industri Kecil dan Menengah, di Palembang, Selasa (21/4) malam.

Perusahaan terkenal di dunia yang merupakan pengusaha ban nantinya akan diundang untuk menjajaki pembangunan pabrik berbahan baku karet itu, kata dia lagi.

Jadi, pihaknya akan mengupayakan perusahaan besar itu dapat berinvestasi di Sumsel terutama untuk memproduksi ban.

Memang, lanjut dia, produksi getah karet dari Sumsel cukup besar, sehingga diharapkan dapat diolah menjadi ban untuk mendukung hilirisasi produk tersebut.

Selain itu, menurutnya, dengan adanya investasi tersebut maka harga getah karet di daerah ini akan semakin meningkat.

Lebih lanjut Saleh Husin mengakui untuk meningkatkan harga karet perlu juga peningkatan kualitasnya, sehingga mutunya akan semakin bagus.

Dia menegaskan, pihaknya terus berupaya agar produksi karet di Sumsel dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan bukan dikirim keluar negeri.

Gubenur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, produksi getah karet di daerah ini masih menjadi andalan perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu, produksinya juga cukup banyak sehingga perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin terutama untuk kepentingan masyarakat banyak.

Karena itu, menurutnya, pendirian pabrik ban di daerahnya sudah menjadi skala prioritas segera dibangun di Sumsel terutama di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin.

Menurut Gubernur Alex, perlu dukungan semua pihak terutama Menteri Perindustrian agar pendirian dan pembangunan pabrik ban itu di Sumsel segera terealisasi.