Menperin: IKM strategis dorong perekonomian masyarakat

id menperin, saleh husin, ikm, ekonomi masyarakat, kementerian perindustrian

Menperin: IKM strategis dorong perekonomian masyarakat

Menteri Perindustrian Saleh Husin (ANTARA FOTO)

....industri kecil dan menengah (IKM) sejalan dengan visi pemerintah dalam rencana pembangunan nasional jangka panjang....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, pengembangan industri kecil dan menengah sebagai upaya dalam mendorong ekonomi masyarakat sehingga berperan strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Selain itu industri kecil dan menengah (IKM) sejalan dengan visi pemerintah dalam rencana pembangunan nasional jangka panjang, kata menteri saat berbicara dalam rapat koordinasi nasional program pemberdayaan IKM di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa malam.

Menurut dia, rencana pembangunan jangka menengah nasional yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Jadi untuk lebih meningkatkan peran strategis itu pihaknya mengarahkan IKM memiliki tujuan jangka menengah guna mewujudkan daya saing, ujar dia.

Selain itu IKM juga dijadikan sebagai penguatan struktur industri nasional, penurunan masyarakat miskin dan memperluas lapangan kerja, ujar menteri.

Oleh karena itu pihaknya terus mendorong pertumbuhan IKM supaya perekonomian semakin berkembang, kata dia.

Yang jelas IKM menjadi pemacu perekonomian masyarakat sehingga itu harus didorong bersama, ujar menteri.

Sementara Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Dodi Reza Alex mengatakan, IKM memang cukup strategis dikembangkan di Sumsel.

Bahkan potensi produk yang dapat dijadikan hilirisasi di daerah ini banyak sehingga IKM akan semakin berkembang, kata dia.

Bersamaan itu juga ditandatangani nota kesepahaman antara Kementerian Perindustrian dengan Pemerintah Provinsi Sumsel tentang percepatan pembangunan kawasan industri.