Pemkot akan bangun taman di TPU

id tpu, makam, kuburan, taman, pemkot palembang, kepala dinas tata kota, isnaini madani

Pemkot akan bangun taman di TPU

Ilustrasi - Ribuan warga tahlil di makam (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, akan membangun taman di sejumlah Tempat Pemakaman Umum untuk mengurangi kesemrawutan sejulah lokasi kuburan tersebut.

Kepala Dinas Tata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Selasa, mengatakan, ide memadukan taman dan TPU ini diharapkan bakal menjadi proyek percontohan di Indonesia mengingat belum banyak yang menerapkannya.

"Jika sudah ada taman, maka TPU akan terlihat lebih asri sehingga siapa pun yang datang akan merasa nyaman. Dampak positif lainnya, tentunya lingkungan menjadi lebih tertata," kata Isnaini. 

Ia mengemukakan, berdasarkan desain yang telah dibuat, taman itu akan dilengkapi gazebo, lampu penerangan, beranekaragam bunga, dan fasilitas lainnya seperti parit penyerap air dan pagar yang mengelilingi TPU.

"Intinya akan benar-benar seperti taman, jadi kesan makam yang menyeramkan akan hilang dengan sendirinya ketika warga melihatnya," ujar dia.

Untuk tahap awal, pemkot berencana membangun taman di pekuburan warga Tionghoa di Talang Kerikil karena relatif sudah rapi.

"Rencananya pemkot akan menghimpun dana CSR dari beberapa perusahaan untuk menjalankan proyek uji coba ini," kata dia.

Pemkot Palembang dalam beberapa tahun terakhir gencar menambah taman dan area terbuka hijau untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.