Musirawas Utara butuh pemimpin berintegritas tinggi

id musirawas utara butuh pemimpin berintegritas tinggi, muratara

Musirawas Utara butuh pemimpin berintegritas tinggi

Logo Pemkab Musi Rawas Utara (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas tinggi dan pengetahuan luas untuk mengembangkan pembangunan di wilayah daerah otonomi baru itu.

"Bila tidak memiliki integritas maka tujuan kabupaten pemekaran untuk mensejahterakan rakyat akan gagal bahkan bisa menjadi daerah tertinggal," kata salah seorang calon Bupati Musirawas Utara Muhammad Ibrahim kepada wartawan, Sabtu.

Ia menilai, Musirawas Utara yang dimekarkan dari kabupaten induk Musirawas memiliki sumber daya alam yang amat kaya mulai dari minyak bumi dan gas, batu bara hingga logam mulia. Sumber daya alam itu harus dikelola dengan baik oleh putra daerah yang berwawasan ilmu pengetahuan untuk maju ke depan.

Kondisi masyarakat Musirawas Utara saat ini masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan akibat keterbatasan sarana dan prasarana infrastruktur jalan pedesaan.

"Kondisi masyarakat di wilayah ini bagai anak ayam mati di lumbung padi, padahal memiliki potensi pertambangan dan perkebunan besar, namun mereka tidak sejahtara," katanya.

Melihat kondisi tersebut, dirinya terpanggil untuk mencalonkan diri menjadi calon bupati yang akan bertarung pada Pilkada Desember 2015.

"Saya akan membenahi struktur pemerintahan yang miskin instansi tapi kaya fungsi," tandasnya.

Ke depan diupayakan jalannya pemerintahan harus sesuai kompetensi dengan menyatukan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau badan untuk mengelola dan mengembangkan sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. 

Setiap instansi harus dipimpin yang memiliki sumber daya manusia sesuai keilmuannya sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari kabupaten dan kota yang lebih maju di daerah lain dalam jangka waktu tiga hingga empat tahun ke depan.

Ia menambahkan dalam proses pencalonan itu sudah mengembalikan formulir kepada Partai Demokrat, Gerindra dan Hanura dengan harapan bisa mendukung atau mengusung pada Pilkada 2015.

Muhammad Ibrahim merupakan salah satu Ketua Presidium pembentukan Kabupaten Musirawas Utara merasa bertanggung jawab untuk kemajuan pembangunan daerah itu.

Sementara pejabat Bupati Musirawas Utara Agus Yudiantoro mengatakan setiap warga negara memiliki hak untuk mencalonkan kepala daerah.

"Kalau masalah pencalonan dan mendaftar ke partai politik itu hak semua warga negara, saya sendiri juga ikut berpartisipasi mendaftar ke beberapa partai seperti Partai Gerindra dan Golkar," tandasnya.

Untuk meneruskan proses menjadi calon bupati, dirinya tergantung Gubernur Sumatera Selatan Alex Nordin karena dia yang menugaskan untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Musirawas Utara.