Pemprov Sumsel pacu infrastruktur pendukung KEK

id taa, kek taa

Pemprov Sumsel pacu infrastruktur pendukung KEK

Kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api yang akan dijadikan KEK (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memacu pembangunan infrastruktur pendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin.

Pembangunan infrastruktur menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) itu sudah dijadikan program kerja yang dilaksanakan secara bertahap, kata Kepala Bappeda Provinsi Sumsel Ekowati Retnaningsih di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur dalam Kawasan Ekonomi Khusus di wilayah pelabuhan laut Janjung Api-Api itu sudah dibahas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Sumsel sebelumnya.

Selain itu pembangunan infrastruktur sudah menjadi arah kebijakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2016, ujar dia.

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur tersebut supaya percepatan perekonomian di Sumsel semakin meningkat.

Memang, lanjut dia, pembangunan infrastruktur bukan saja sarana jalan, tetapi juga pelabuhan dan fasilitas pendukung lainnya.

Yang jelas, jaringan infrastruktur pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api masih menjadi skala prioritas pembangunan di Sumsel.

Ia berharap, dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus maka perekonomian semakin berkembang dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana mengatakan, di Kawasan Ekonomi Khusus itu juga akan dibangun gudang distribusi dan sejumlah industri, seperti pabrik PT Pupuk Sriwijaya baru, kilang minyak dan pabrik alumunium.

Selain itu juga dikembangkan sejumlah industri kecil supaya kawasan tersebut benar-benar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, kata dia.