Staf Ahli: pemerintah pusat tawarkan Taman Iptek

id pemprov, pemprov sumsel

Staf Ahli: pemerintah pusat tawarkan Taman Iptek

Alex Noerdin (Foto ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Staf Ahli Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Riset dan Teknologi Prof Benyamin Lakitan mengatakan, pemerintah pusat menawarkan kepada Sumatera Selatan untuk membangun taman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Taman itu bisa jadi berbentuk pengembanga ilmu pengetahuan, peternakan dan lain sebagainya, kata Benyamin kepada wartawan usai menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pembangunan taman ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) itu harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah supaya lebih berkemang.

Sehubungan itu pihaknya menghadap Gubernur Sumsel untuk menawarkan pengembangan kawasan yang ada di daerah ini yang salah satunya membangun taman iptek.

Menurut dia, penawaran itu karena pemerintah pusat memprogramkan bagi daerah yang siap dapat segera membangun taman Iptek tersebut.

Apalagi dana sudah disediakan melalui APBN sehingga peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kata dia.

Memang, lanjut dia, untuk dana dari pengembangan taman iptek selaian dari APBN juga melalui anggaran daerah.

Jadi dana yang ada itu harus dimanfaatkan, sehingga akan berdampak pada daerah semakin berkembang.

Namun, yang penting lagi dengan adanya program pemerintah pusat itu, juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena keberadaan taman iptek bisa dimanfaatkan untuk penelitian.

Dia mengatakan, memang Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih menawarkan lahan di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim untuk pembangunan sektor peternakan.

Begitu juga dananya akan dikaji sesuai dengan usulan daerah khususnya Sumsel, kata Benyamin yang juga mantan Ketua Bappeda Sumsel itu.