Sumsel kekurangan stok daging

id daging

Sumsel kekurangan stok daging

Ilustrasi - Daging sapi (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan kekurangan stok daging sehingga saat ini masih mendatangkan dari luar daerah seperti Lampung dan DKI Jakarta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan Erwin Noorwibowo setelah menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Selasa, membenarkan hal ini sebab dari kebutuhan 80 ribu ekor hewan pertahun di Sumsel hanya terpenuhi sekitar 20 persen.

Oleh karena itu pihaknya akan memaksimalkan program tanaman sawit dan ternak sapi karena lahan di daerah ini cukup luas, ujar dia.

Lahan sawit Sumsel saat ini sekitar 900 ribu hektare dan setiap Ha dapat mengembangkan peternakan dua ekor sapi. Bahkan, gubernur menganjurkan program tersebut untuk dimaksimalkan lagi.

Namun, untuk mendorong itu semua perlu didukung sumber daya manusia yang berkualitas dengan mendirikan sekolah peternakan rakyat.

"Itu salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan daging di daerah ini. Jadi bila dimaksimalkan maka kebutuhan daging secara bertahap akan terpenuhi, ujar dia.

Dalam memenuhi kebutuhan daging itu diperlukan kerja keras dan dukungan semua pihak agar secara bertahap dapat terpenuhi, tambah dia.