Pemkot Palembang tambahkan modal SP2J

id pemkot palembang, pt sp2j

 Pemkot Palembang tambahkan modal SP2J

Pemerintah Kota Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...PT SP2J merupakan perusahaan daerah dan 99 persen pemegang saham adalah Pemerintah Kota Palembang...
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang kembali mengucurkan dana Rp25 miliar sebagai penyertaan modal ke PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) untuk mendorong pengoperasian pembangkit listrik tenaga mesin gas 2X7 megawatt pada 2015.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah M Zulfan di Palembang, Selasa, mengatakan, penyertaan modal pada tahun ini secara jumlah relatif sama dengan tahun sebelumnya yakni berkisar Rp30 miliar.

"PT SP2J merupakan perusahaan daerah dan 99 persen pemegang saham adalah Pemerintah Kota Palembang, sehingga penyertaan modal ini sebagai upaya meningkatkan kinerja perusahaan yang saat ini sedang menyelesaikan proyek PLTMG Sematang Borang. Targetnya pada pertengahan tahun sudah beroperasi," kata dia.

Ia mengatakan, dana penyertaan modal tahun ini direncanakan akan digunakan untuk membayar cicilan utang pembelian bus transmusi serta penyelesaian proyek PLTMG yang sudah 85 persen.

"Hingga kini, PT SP2J belum menghasilkan keuntungan karena masih tertahan di pembelian aset terutama untuk pembelian beberapa unit bus transmusi yang masih menyisakan utang sebesar Rp15 miliar hingga 2016," kata dia.

Untuk meminimalisasi kerugian perusahaan ini, pemerintah kota menggenjot pengoperasian PLTMG Sematang Borang karena telah membuat kontrak jangka panjang selama 20 tahun dengan PLN untuk pembelian listrik.

Pemerintah kota berharap proses ini berlangsng cepat mengingat penyertaan modal ke PT SP2J sejak berdiri hingga kini sudah mencapai Rp200 miliar.

"Jika sudah beroperasi maka baru hitung-hitungannya jelas, karena dari usaha Transmusi bisa dikatakan sulit untuk meraup untung karena sifatnya pelayanan. Bagaimana bisa untung, harga tiket seharusnya Rp12 ribu per orang tapi dijual hanya Rp3.500 per orang," kata dia.