DPRD Sumsel tinjau BPJS Kesehatan

id dprd, dprd sumsel

DPRD Sumsel tinjau BPJS Kesehatan

Anggota DPRD Sumsel tinjau pelaksanaan BPJS Kesehatan (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD Sumatera Selatan dari daerah pemilihan Sumsel I Kota Palembang meninjau pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan di Puskesmas Merdeka Palembang.

"Kunjungan kita ke sini ingin mengetahui pelaksanaan BPJS Kesehatan di puskesmas ini," kata koordinator reses anggota DPRD Sumsel dapil I Kota Palembang, Hj RA Anita Noeringhati, Selasa.

Menurut dia, mereka ingin mengetahui kendala-kendala dan hambatan dalam pelaksanaan BPJS Kesehatan di puskesmas tersebut.

Sementara anggota DPRD Sumsel dapil I Kota Palembang, Syaiful Padli juga menanyakan mengapa tidak ada petugas BPJS Kesehatan di puskesmas itu, padahal diperlukan.

"Tadi saya ngobrol dengan pasien khusus layanan BPJS Kesehatan, tetapi tidak melihat petugas BPJS," katanya.

Sementara pasien Puskesmas yang menggunakan layanan BPJS Kesehatan, Harti menyatakan, kalau dirinya berobat memakai fasilitas BPJS yang iurannya dibayar dengan memotong gaji.

Kepala Puskesmas Merdeka, Desty Aryani mengatakan, kendala yang dihadapi pada proses pendaftaran jadi terlambat, sebab menggunakan komputer, karena itu biar cepat dibantu dengan cara manual.

Kemudian pada proses merujuk pasien komputer sering mengalami gangguan jaringan sehingga memerlukan waktu yang lama, jelasnya.

Selain itu, ada beberapa macam penyakit seperti tetanus tidak bisa diobati di puskesmas, karenanya harus dirujuk ke rumah sakit.

Ia menuturkan, kendala lainnya masih ada pasien yang memaksa meminta rujukan ke rumah sakit, padahal masih bisa ditanggulangi oleh puskesmas.

Mengenai petugas BPJS di puskesmas, memang kalau di puskesmas tidak ada petugas BPJS, yang ada hanya di rumah sakit saja, jelasnya.