Babinsa dilatih budidaya padi

id padi, padi sawah

Babinsa dilatih budidaya padi

Danrem Gapo tanam perdana padi sawah (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komandan Korem Garuda Dempo Kolonel Inf Suko Basuki membuka pendidikan dan pelatihan budidaya padi, jagung dan kedelai bagi para bintara pembina desa (Babinsa) di Sumatera Selatan.

Pendidikan dan pelatihan budidaya padi, jagung dan kedelai itu dilaksanakan di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Senin (13/4) dan akan berlangsung dua tahap hingga 26 April 2015.

Danrem Guruda Dempo atas nama Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil mengatakan diklat ini merupakan kegiatan positif dan penting untuk meningkatkan produksi pangan sehingga harus didukung bersama.

Diklat ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab TNI dan pihak terkait lainnya dalam mendukung program swasembada pangan.

Melalu Diklat ini para Babinsa diharapkan dapat membantu PPL yang ada di wilayah Sumsel dalam mendampingi petani untuk melaksanakan budidaya secara lebih intensif.

Presiden telah menginstruksikan jajaran TNI AD untuk melaksanakan berbagai bentuk kerja sama dengan kementrian dan instansi terkait dalam mendukung kebijakan pemerintah mencapai swasembada pangan 2017.

"Target swasembada pangan harus berhasil, tidak boleh gagal agar impor pangan dapat ditekan, sekaligus memberdayakan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar dia.

Menurut Danrem, sebagai bangsa agraris dengan 70 persen masyarakatnya hidup di sektor pertanian, sudah semestinya mencapai swasembada pangan.

Untuk itulah, TNI Angkatan Darat melalui program Binter dan serbuan teritorial berkomitmen untuk mewujudkan swasembada pangan di wilayah Sumbagsel.