Pelaksanaan UN di Musi Banyuasin lancar

id un, pelaksanaan un, ujian nasional, lancar, sesuai jadwal, un di muba lancar

Pelaksanaan UN di Musi Banyuasin lancar

Siswa SMA di Sekayu berusaha menyelesaikan UN. (Foto Antarasumsel.com/15/Humas Muba)

...Berdasarkan hasil pemantauan pelaksanaan ujian nasional di sejumlah sekolah kabupaten ini, tidak ada masalah. Semua sekolah dapat menjalankan UN dengan baik, aman, dan lancar sesuai jadwal...
Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas sederajat hari pertama di Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan berjalan lancar.

"Berdasarkan hasil pemantauan pelaksanaan ujian nasional di sejumlah sekolah kabupaten ini, tidak ada masalah. Semua sekolah dapat menjalankan UN dengan baik, aman, dan lancar sesuai jadwal yang ditetapkan," kata Sekretaris Daerah Musi Banyuasin, Sohan Majid, usai meninjau UN di SMA Negeri 1 Sekayu, Senin.

Dalam pemantauan pelaksanaan UN tersebut, Sekda Musi Banyuasin Sohan Majid didampingi Asisten II Setda setempat, Sulaiman Zakaria serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan daerah ini, Yusuf Amilin beserta rombongan lainnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan pantauan serta laporan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, seluruh siswa SMA di kabupaten ini bisa mengikuti UN yang dijadwalkan serentak secara nasional itu dengan baik, dan mereka tampak antusias mengikuti evaluasi akhir tahun ajaran ini.

Seluruh peserta UN tersebut diharapkan dapat mengikuti ujian dengan baik sampai hari terakhir, dan diingatkan untuk tidak terpengaruh adanya isu peredaran kunci jawaban serta percaya diri mengerjakan soal ujian dengan kemampuan diri sendiri agar dapat meraih hasil maksimal demi meraih cita-cita, katanya lagi.

Menurut dia, UN merupakan evaluasi akhir bagi para siswa yang hasilnya dapat mempengaruhi peluang untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Karena itu, seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti UN dengan sungguh-sungguh serta mengerahkan kemampuan dan pengetahuan yang telah diperoleh selama menjalani proses belajar di sekolah.

Jika dalam proses ujian nasional itu terjadi sesuatu hal yang dapat mengganggu pelaksanaannya, pihaknya akan berupaya menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi sampai tuntas, sehingga tidak melebar, kata Sekda lagi.

Kepala SMA Negeri 1 Sekayu, Armansyah mengatakan, pelaksanaan UN di sekolah ini berjalan lancar, seluruh siswa yang mengikuti ujian berjumlah 311 siswa dan menempati 17 ruang dengan dua orang pengawas pada setiap kelasnya.

Pelaksanaan UN berlangsung selama tiga hari, 13--15 April 2015, dengan mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama yakni bahasa Indonesia dan Kimia untuk Jurusan IPA, bahasa Indonesia dan Geografi untuk Jurusan IPS.

Kemudian pada hari kedua mata pelajaran Matematika dan Biologi untuk Jurusan IPA, serta mata pelajaran Matematika dan Sosiologi untuk Jurusan IPS, dan hari terakhir mata pelajaran bahasa Inggris dan Fisika untuk Jurusan IPA, serta bahasa Inggris dan Ekonomi untuk Jurusan IPS.

"Kami bertharap seluruh siswa yang mengikuti UN ini dapat lulus 100 persen dengan nilai yang bagus dan dapat melanjutkan pendidikannya ke perguran tinggi bergengsi," ujar Armansyah.