Kpu Musirawas siapkan pendaftaran Calon Kepala Daerah

id kpu, kpu musirawas

 Kpu Musirawas siapkan pendaftaran Calon Kepala Daerah

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, mempersiapkan pendaftaran calon kepala daerah yang akan digelar antara 26-28 Juli 2015.

Sedangkan peluncuran pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah akan digelar serentak seluruh Indornesia oleh KPU pusat tanggal 17 April 2015, kata Komisioner KPU Musirawas Dasril, Senin.

Ia mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada itu seiring akan diundangkannya tiga peraturan KPU terkait pedoman pelaksanaan Pilkada oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) nanti.

"Kita sudah melakukan persiapan Pilkada bupati Musirawas sejak Februari 2015, tapi menunggu ketentuan dari pusat yang dilaksanakan 17 April 2015," ujarnya.

Peluncuran pelaksanaan Pilkada 2015 itu seiring dengan penyerahan data agregat kependudukan per kecamatan se-Indonesia pada 17 April 2015.

Berdasarkan informasi dari pusat ada tiga rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum(PKPU) yang akan diserahakan ke Kemenkumham untuk segera diundang-undangkan.

Ketiga rancangan PKPU itu adalah masalah tahapan Pilkada, PKPU Tata Kerja dan PKPU Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih.

Ini rancangan PKPU yang diplenokan di KPU pusat pekan lalu dan secepatnya diserahkan ke Kemenkumham untuk diundang-undangkan, ujarnya.

Kepala Sekretariat KPU Musirawas Leoni mengharapkan rancangan PKPU itu cepat direalisasikan, sehingga masih ada waktu untuk memproses anggaran yang akan digunakan.

"Kita sudah mempersiapkan sarana untuk pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang rencananya akan dilaksanakan antara tanggal 26-28 Juli 2015," katanya.

Sementara, di Sumatera Selatan ada tujuh daerah yang akan melaksanakan Pilkada calon bupati/wakil bupati akan berlangsung pada Desember 2015.

Tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara (Muratara).