Gubernur minta PNS masuk BPJS Ketenagakerjaan

id gubernur, peserta bpjs ketenagakerjaan

Gubernur minta PNS masuk BPJS Ketenagakerjaan

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin minta seluruh pegawai negeri sipil di daerah ini untuk masuk dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan karena sangat banyak manfaatnya.

"Bila terjadi kecelakaan kerja maka itu akan ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, sehingga sangat bermanfaat bagi pegawai negeri sipil (PNS)," kata gubernur kepada wartawan setelah pertemuan dengan Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Umardin Lubis di Palembang, Kamis.

Manfaat lain karena iuran sangat ringan, kata gubernur tanpa menyebutkan jumlah iuran tersebut.

Oleh karena itu Pemprov Sumsel akan segera membuat surat edaran supaya PNS di daerah ini semuanya masuk BPJS Ketenagakerjaan.

Memang, lanjut dia, setiap karyawan diharuskan masuk BPJS Ketenagakerjaan termasuk kalangan pegawai negeri sipil sesuai aturan dari pemerintah pusat, sedangkan daerah hanya mengikuti saja.

Selain BPJS Ketenagakerjaan juga di bidang kesehatan semua karyawan juga diharuskan mengikuti program tersebut, kata gubernur.

Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel Umardin Lubis mengatakan, selama ini pegawai negeri sipil belum ada yang masuk

program BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, sesuai dengan permintaan dan dukungan gubernur maka pihaknya akan memberikan fasilitas seoptimal mungkin bagi PNS yang akan bergabung ke BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Ditanya tentang jumlah karyawan yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan, dia mengatakan, sekitar 250 ribu orang. Itu dinilai masih minim karena yang berhak masuk BPJS Kesehatan di luar PNS sekitar 1,7 juta orang.