Penyaluran raskin di Sumsel capai 11.850 ton

id raskin, bulog raskin

Penyaluran raskin di Sumsel capai 11.850 ton

Bulog Sumsel luncurkan raskin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Penyaluran beras untuk masyarakat miskin di Sumatera Selatan hingga awal April 2015, baru mencapai 11.850 ton, kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumsel Babel Miftahul Adha.

"Belum maksimalnya penyaluran beras bagi masyarakat kurang mampu tersebut karena laporan administrasi belum lengkap," ujar Miftahul Huda di Palembang, Kamis.

Kabupaten terbanyak dalam penyaluran beras masyarakat kurang mampu itu dari Kota Prabumulih tercatat 395 ton, sementara terendah Kabupaten Musirawas Utara hanya sekitar 56,7 ton.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa target penyaluran beras keluarga miskin (raskin) tersebut sebanyak 25.174 ton untuk 419.579 rumah tangga sasaran (RTS).

Sementara harga tebus beras untuk masyarakat kurang mampu tersebut Rp1.600 perkilogram, kata dia.

Memang penyaluran beras tersebut hanya sampai pada titik distribusi dan di luar tersebut bukan wewenang pemerintah lagi terutama biaya, ujarnya.

Untuk titik distribusi di Sumsel tercatat sebanyak 749 unit yang tersebar di kabupaten dan kota yang ada di daerah ini, kata dia.

"Yang jelas penyaluran raskin untuk membantu masyarakat kurang mampu yang ada di daerah termasuk Sumsel," katanya.

Penyaluran beras bagi masyarakat kurang mampu itu dilaksanakan setiap tahun dan jumlah yang mendapat sesuai dengan data RTS berhak menerim.