Soal UN SD-SMA di Sumsel siap didistribusikan

id soal un, distribusi soal un, bonny safrian

Soal UN SD-SMA di Sumsel siap didistribusikan

Ilustrasi Gudang Penyimpanan Soal Ujian Nasional. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

...Seluruh soal ujian nasional (UN) telah selesai dicetak dan siap didistribusikan ke sekolah tingkat SD-SMA sederajat di 17 kabupaten dan kota...
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Percetakan yang dipercaya Dinas Pendidikan Nasional Sumatera Selatan mencetak soal ujian nasional tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas/sederajat telah merampungkan penggandaan soal tersebut dan siap didistribusikan.

"Seluruh soal ujian nasional (UN) telah selesai dicetak dan siap didistribusikan ke sekolah tingkat SD-SMA sederajat di 17 kabupaten dan kota," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Nasional Sumsel Bonny Safrian di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan sesuai rencana pendistribusian soal UN ke sekolah yang akan menyelenggarakan ujian dengan sistem lama menggunakan kertas "paper besed test/PBT" pada 10 April 2015.

Berdasarkan perhitungan waktu dan lokasi sekolah di Provinsi sumatera Selatan yang akan menyelenggarakan UN dengan sistem PBS yang dijadwalkan berlangsung pada 13-15 April itu, seluruh soal dan lembar jawabannya bisa sampai di tempat sehari sebelum ujian dimulai.

Sementara mengenai pelaksanaan UN dengan sistem baru secara "online" atau "computer based test/CBT" yang dijadwalkan berlangsung pada 13-21 April 2015 juga telah siap dengan menetapkan beberapa sekolah yang mampu menyelenggarakan ujian tersebut, katanya.

Menurut dia, persiapan fasilitas pendukung dan pendataan peserta UN dari sekolah dan kelompok belajar di provinsi yang menjadi pelopor sokolah gratis itu telah dilakukan dengan baik.

Berdasarkan data yang dihimpun dari 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan tercatat pelajar Sekolah Dasar (SD) yang akan mengikuti UN sebanyak 138.073 orang, pelajar Madrasah Ibtidaiyah 6.690 orang, dan peserta didik kelompok belajar Paket A tercatat 928 orang.

Kemudian peserta UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tercatat 109.013 orang, Madrasah Tsanawiyah 22.013 orang, dan Paket B tercatat 4.339 orang.

Sedangkan peserta UN tingkat Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah tercatat 70.164 orang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 26.010 orang, dan Paket C tercatat 5.992.

Kemudian pelajar yang akan mengikuti ujian nasional sistem "online" atau "computer based test/CBT" tercatat 16 ribu orang pelajar SMP dan SMA sederajad di Kota Palembang.

Beberapa sekolah yang akan menjadi penyelenggara UN secara "online" itu yakni SMA Xaverius 1 Palembang, SMA Swakarya, SMP Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK 3, SMK 4, SMK 5 dan SMK Negeri 6 Palembang, ujarnya.

Mendekati pelaksanaan UN tersebut, pihaknya terus berupaya mendorong pihak sekolah dan pengelola kelompok belajar Paket A, B, dan C mempersiapkan peserta didiknya agar bisa menjawab soal ujian secara maksimal.

Dengan persiapan yang baik diharapkan para pelajar tingkat SD-SMA sederajat di provinsi ini dapat lulus 100 persen dan meraih nilai di atas rata-rata serta mendapat nilai tertinggi secara nasional, kata Bonny.