Legislator akan pantau Ujian Nasional di Sumsel

id dprd, dprd sumsel

Legislator akan pantau Ujian Nasional di Sumsel

Anggota DPRD Sumsel Rizal Kenedi (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Rizal Kenedi menyatakan mereka akan memantu beberapa titik lokasi pelaksanaan ujian nasional di provinsi tersebut.

Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan, Rizal Kenedi di Palembang, Rabu menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai pelaksanaan ujian nasional yang akan digelar pertengahan April 2015.

Menurut dia, Komisi V DPRD Sumsel tentunya akan turun ke beberapa titik lokasi dilaksanakannya ujian nasional itu nantinya.

Ia menyatakan, sekarang ini ujian nasional itu tidak menjadi syarat siswa lulus atau tidak lulus, tetapi walaupun demikian siswa supaya tetap belajar.

"Para siswa, walaupun ujian nasional bukan standar kelulusan, tetapi jangan lalai untuk belajar," katanya.

Ia menuturkan, bisa saja sehari-hari siswanya pintar, tetapi karena faktor psikologis saat ujian, maka dapat menurunkan nilai.

Selain mengenai ujian nasional, ia juga mengharapkan ada azaz keadilan dalam fasilitas pendidikan baik di desa maupun di kota.

Di kota fasilitasnya lengkap, seperti komputer, sementara di desa kalaupun ada jumlahnya hanya sedikit.

"Ini tentunya menjadi tanggungjawab kita bersama dalam pemerataan fasilitas pendidikan," ujar wakil rakyat yang berasal dari daerah pemilihan Kota Prabumulih, Kabupaten Muaraenim dan Kabupaten Pali tersebut.

Sementara mengenai ujian nasional secara online (dalam jaringan) menggunakan computer basic test atau CBT, ia mengatakan, memang rencananya dengan sistem komputer itu, tetapi tidak semuanya bisa melaksanakannya.

Jadi, hanya beberapa sekolah saja di Sumsel yang melaksanakan ujian nasional secara online menggunakan komputer, katanya.