Ruang kelas SD OKU rusak diterjang longsor

id longsor, ruang sd ditimpa longsor

Ruang kelas SD OKU rusak diterjang longsor

Satu ruang kelas SD tertimpa tanah longsor (Foto: antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Satu ruang kelas SD Negeri 128 Desa Gunung Tiga Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan rusak diterjang tanah longsor, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, Kamis (26/3) sekitar pukul 01.00 WIB.

Pantauan di lapangan, Selasa, akibat dari longsor itu satu unit ruangan di sekolah tersebut yaitu kelas IV A rusak cukup parah, karena banyaknya tanah yang masuk ke lokal dan dinding kelas berlubang hingga tidak bisa difungsikan sementara waktu.

"Benar satu ruang kelas yang rusak terkena longsor," kata Meksi salah satu guru SDN 128 saat dikonfirmasi.

Dikatakannya, dari sepuluh ruang kelas yang ada, hanya satu mengalami kerusakan, kondisinya sendiri dinding kelas berlubang besar, kursi, meja berantakan dan ada beberapa yang tak bisa digunakan lagi, sementara tanah bercampur lumpur masih bertumpuk di ruang kelas tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebab saat bencana tersebut suasana ruang kelas kosong tidak ada aktifitas belajar mengajar.

Akibat tidak berfungsinya satu ruang kelas, proses belajar mengajar untuk kelas IV A menjadi terhambat, bahkan menurut guru tersebut siswa diliburkan satu hari, sambil menunggu bantuan dari pihak terkait untuk membersihkan dan perbaikan ruang kelas.

"Hari ini anak kelas IV A kami liburkan satu hari, kemudian akan masuk kembali sambil mengatur jadwal," ungkapnya.

Hedi (35), salah satu warga mengatakan, Kamis malam sejak pukul 23.00 WIB hujan turun sangat deras cukup lama sehingga bagian atas tanah yang berada di kawasan sekolah itu tak mampu menahan longsor menghantam satu di antara 10 ruang yang dimiliki sekolah tersebut.

"Memang, saat kejadian hujannya tak berhenti, sempat ada suara gemuruh terdengar," kata Hedi.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) OKU, Drs Mahyudin Helmi, melalui sekertarisnya Arzetni membenarkan jika salah satu SD negeri yang berada di Kecamatan Ulu Ogan terkena longsor.

Namun diakuinya, pihaknya belum bisa memastikan berapa ruang kelas yang mengalami kerusakan, karena pihaknya baru akan meninjau, Rabu (1/4).

"Kami dapat informasi ada satu SD di Kecamatan Ulu Ogan terkena longsor dari Facebook Disdik, jadi belum bisa memastikan berapa jumlah ruang yang rusak, besok baru akan kami tinjau secara langsung," ujarnya.