Pemkab tawarkan rumah dinas bagi awak maskapai

id ridwan mukti, bupati musirawas

Pemkab tawarkan rumah dinas bagi awak maskapai

Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)





Musirawas, 31/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, menawarkan rumah dinas untuk menginap bagi awak maskapai yang melayani penerbangan ke wilayah itu.

Bila ada maskapai yang sudah rutin melayani rute penerbangan Lubuklinggau-Jakarta setiap hari dan memerlukan rumah dinas akan dijamin oleh pemerintah daerah, kata Bupati Musirawas H Ridwan Mukti di Musirawas, Selasa.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten Musirawas sangat mendukung perusahaan penerbangan untuk melayani transportasi udara di wilayah itu secara rutin setiap hari.

"Kami sudah menawarkan beberapa perusahaan penerbangan antara lain PT Garuda Indonesia Airways (GIA), Merpati Nusantara dan Lion Air untuk melakukan survei di Bandara Udara (Bandara) Silampari," ujarnya.

Dari beberapa perusahaan penerbangan itu baru PT Garuda Indonesia melakukan survei di Bandara Silampari untuk menjajaki rute penerbangan baru.

"Manajemen PT Garuda beberapa waktu lalu saya terima di rumah dinas terkait maskapai itu melakukan survei melihat kelengkapan bandara untuk melayani penerbangan di wilayah itu," ujarnya.

Bila maskapai GIA melakukan penerbangan di Musirawas/Lubuklinggau, maka akan membuka akses transportasi udara rute Medan dan Bengkulu, jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Musirawas, Ari Narsa mengatakan, sarana dan prasarana di Bandara Silampari hingga saat ini terus ditambah agar bisa didarati maskapai berbadan lebar.

Panjang landasan Bandara Silampari saat ini 2.300 meter dan akan diperpanjang lagi menjadi di atas 3.000 meter, sedangkan sarana pendukung sudah selesai dibangun meskipun masih ada sedikit penambahan.

Bandara Silampari sejak 2013 sudah diuji coba disinggahi Boeing 737-500 dan berhasil lancar, sedangkan pada 2014 bandara itu kembali diperluas dan ditambah sarana prasarananya.

"Kami optimistis Bandara Silampari dapat dilayani maskapai GIA, apa lagi pemerintah kabupaten sudah menawarkan rumah dinas bagi penginapan awak maskapai GIA bila nantinya sudah beroperasi," ucapnya.