Olahraga Bola Gawang dikembangkan di Lubuklinggau

id lubuklinggau, pemkot lubuklinggau

Olahraga Bola Gawang dikembangkan di Lubuklinggau

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Olahraga bola gawang (Gateball) yang selama ini menjadi permainan para pejabat di Provinsi Bengkulu, saat ini mulai dikembangkan di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Kita akan mengadopsi dan memasyarakatkan permainan gateball itu pada warga Lubuklinggau, karena mulai disenangi warga setempat," kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Selasa.

Ia mengatakan, olahraga tersebut dikenalkan kepada masyarakat setelah uji coba permainan antar-pejabat di Lubuklinggau beberapa waktu lalu.

Olahraga itu awalnya diperkenalkan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah kepada rombongan dari Kota Lubuklinggau saat melakukan kunjungan persahabatan belum lama ini, kemudian diuji coba bersama unsur pejabat dan ditonton masyarakat umum.

Meski olahraga itu baru dikenal warga Kota Lubuklinggau bahkan di Sumatera Selatan, namun minat masyarakat disetiap kelurahan cukup antusias untuk mengembangkan permainan itu.

"Kita akan mendukung untuk mengembangkan olahraga tersebut karena sangat sederhana dan terjangkau oleh kalangan warga menengah ke bawah," ujarnya.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda dan olahraga akan menyiapkan lokasi khusus bagi mereka yang hobi dan ingin mencoba permainan tersebut.

Ke depan akan dibuat anggaran khusus agar olah raga itu bisa berkembang dan tidak hanya di Kota Lubuklinggau, tapi ke seluruh pelosok di wilayah Sumatera Selatan, ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Lubuklinggau Hendra Gunawan mengatakan permainan Gateball itu merupakan cabang olahraga baru didengar masyarakat Lubuklinggau.

Beberapa pekan terakhir permainan itu mulai dikenal masyarakat setelah melihat uji coba dilakukan Wali Kota bersama para pejabat di halaman Mapolres Lubuklinggau beberapa waktu lalu.

Dipilihnya lapangan Mapolres sebagai uji coba Gateball itu karena strategis berada di pusat kota dan bisa ditonton oleh masyarakat umum.

"Permainan ini bisa dimainkan pada waktu santai sore hari, seperti Sabtu atau Minggu pagi jadi tidak menggangu aktifitas kantor," katanya.

Untuk peralatan permainan khusus para Forum Komunikasi Pemerintah Daerah dididatangkan langsung dari Jakarta dan pelatih khusus.

Ia menjelaskan, permainan Gateball sebenarnya hampir mirip golf, hanya saja golf membutuhkan lapangan lebih luas dan tidak menggunakan gawang tapi menggunakan lubang.

Olahraga ini, katanya terdiri atas kata gate artinya gawang sedangkan ball artinya bola. Jadi arti gateball adalah bola gawang namun ukurannya kecil dan ciri khasnya menggunakan tongkat saat sedang bermain.

"Ke depan permainan gateball akan dibuka secara luas sehingga permainan ini makin memasyarakat di Sumatera Selatan," ujarnya.