Kesenian tradisional daya tarik kunjungan wisatawan

id pemprov, pemprov sumsel

Kesenian tradisional daya tarik kunjungan wisatawan

Ahmad Najib (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Najib mengatakan, budaya dan kesenian tradisional harus dilestarikan karena akan menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Umumnya wisatawan mancanegara tertarik berkunjung kesuatu daerah karena ada yang ingin dilihat termasuk kesenian dan kebudayaan daerah," kata Asisten Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel itu di Palembang, Selasa.

Oleh karena itu kebudayaan dan kesenian daerah seperti musik dan lagu, tari "Dul Muluk", dan cerita rakyat lainnya di Sumsel harus dilestarikan supaya wisatawan ingin melihat dan mempelajarinya, ujar dia.

Apalagi kesenian dan kebudayaan daerah Sumsel cukup banyak sehingga bila semakin dipromosikan lagi maka wisatawan semakin tertarik.

Menurut dia, dalam melestarikan dan mempromosikan kesenian dan kebudayaan daerah perlu dilakukan kegiatan dan pagelaran.

Bukan itu saja tetapi juga mengikuti berbagai kegiatan kesenian dan kebudayaan yang dilaksanakan di luar daerah termasuk luar negeri.

Bila itu dilaksanakan maka kesenian dan kebudayaan daerah akan semakin lestari sekaligus memotivasi wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berkunjung ke Sumsel.

Sumsel rutin melaksanakan kegiatan berskala internasional seperti olahraga dan pertemuan ilmiah. Melalui kegiatan tersebut juga ditampilkan kesenian dan kebudayaan daerah saat penyambutan dan makan malam bersama.

"Yang jelas itu salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan," tambah dia.