UBD gelar "tryout" bantu pelajar hadapi UN-SBMPTN

id ubd, universitas bina darma, bina darma, tryout, gelar tryout, latihan soal

UBD gelar "tryout" bantu pelajar hadapi UN-SBMPTN

Humas UBD Shinta Desiana Fajarika (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Kegiatan "tryout" itu pada tahap pertama dijadwalkan berlangsung pada 5 April 2015, selanjutnya akan dilakukan beberapa kali menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dan SBMPTN...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, Sumatera Selatan, merencanakan menggelar sejumlah kegiatan latihan soal atau "tryout" untuk membantu pelajar terutama tingkat Sekolah Menengah Atas menghadapi ujian nasional pada pertengahan April 2015.


Selain "tryout" Ujian Nasional juga direncanakan latihan soal masuk perguruan tinggi negeri atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kata Humas Universitas Bina Darma, Shinta Desiana Fajarika di Palembang, Senin.


Dia menjelaskan, kegiatan "tryout" itu pada tahap pertama dijadwalkan berlangsung pada 5 April 2015, selanjutnya akan dilakukan beberapa kali menjelang pelaksanaan Ujian Nasional dan SBMPTN.


Untuk melaksanakan latihan soal tersebut, pihaknya didukung oleh tim Informasi dan Teknologi (IT) Fakultas Ilmu Komputer dan tenaga pengajar dari sejumlah bimbingan belajar terkemuka di Kota Palembang, katanya.


Menurut dia, kegiatan "tryout" tersebut digelar untuk membantu pelajar mempersiapkan diri menghadapi ujian kelulusan sekolah dan bagi pelajar SMA dan sederajat setelah lulus ujian bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri.


Dalam kegiatan itu akan diberikan latihan soal yang diprediksi atau berpeluang masuk dalam soal ujian kelulusan maupun ujian SBMPTN.


Dengan melakukan latihan secara intensif menjelang pelaksanaan UN dan SBMPTN diharapkan para pelajar serta lulusan SMA dan sederajat dapat menjawab dengan baik dan benar seluruh soal yang diujikan serta mampu meraih cita-cita yang diinginkan, ujarnya.


Sementara sebelumnya Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Nasional Sumatera Selatan Bonny Safrian menjelaskan, UN tingkat Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah akan diikuti 70.164 orang, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 26.010 orang, dan Paket C tercatat 5.992.

Sedangkan yang akan mengikuti ujian nasional sistem "online" atau "computer basic test/CBT" pada 13 April 2015 berdasarkan data tercatat 16 ribu orang pelajar SMP dan SMA sederajad di Palembang.


Beberapa sekolah yang akan menjadi penyelenggara ujian nasional "online" atau CBT itu yakni SMA Xaverius 1 Palembang, SMA Swakarya, SMP Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK 3, SMK 4, SMK 5 dan SMK Negeri 6 Palembang, kata Bonny.